Whatsapp Kini Sediakan Fitur Kirim Uang

Semakin canggih dan mengakomodasi banyak kebutuhan, platform Whatsapp mulai munculkan fitur baru yang bisa digunakan untuk mengirim uang. Hm, seperti apa?

Whatsapp Kini Sediakan Fitur Kirim Uang
Whatsapp Payments. (Thedroidguru.com)

Inibaru.id – Inovasi menjadi satu-satunya cara untuk bertahan dalam bisnis berbasis teknologi. Inilah yang dilakukan Whatsapp. Aplikasi pesan instan lintas-platform tersebut nggak henti-hentinya membuat perkembangan dengan menyediakan fitur-fitur baru yang sangat dibutuhkan para penggunanya.

Setelah Whatsapp Business (WB) resmi diluncurkan beberapa waktu silam, Whatsapp saat ini kembali meluncurkan fitur pembayaran digital yang bertajuk “Whatsapp Payment”.

Seperti ditulis Kompas.com, Senin (12/2/2018), sejak Januari lalu fitur ini sudah beredar dalam format beta dan telah diujicobakan di India selama setengah tahun ini. Whatsapp Payment itu kemudian resmi dirilis pada Senin (12/2/2018) lalu.

Baca juga:
Menanti Sekuel “Eiffel I’m In Love” yang Konon Lebih Dewasa
Whatsapp Kini Sediakan Fitur Kirim Uang

Sesuai tajuknya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk megirim dan menerima uang dari dan ke pengguna lain. Mekanisme WhatsApp Payments menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI) di India. Antarmuka pembayaran itu memfasilitasi transaksi lintas-bank yang mendukung hingga 70 bank di India, di antaranya dari State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

Pakai UPI

Gimana cara menggunakan fitur Whatsapp Payment? Pertama, dua pihak pengguna yang pengin bertransaksi harus mengikuti program beta dan menginstal versi teranyar Whatsapp, baik untuk pengguna iOS ataupun Android.

Saat transaksi pertama, pengguna bakal diminta memverifikasi nomor seluler. Pastikan nomor seluler untuk mengakses Whatsapp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Nah, kalau kamu nggak punya akun UPI, Whatsapp Payments memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru.

Untuk mengirim uang, kamu cukup menekan ikon attachment yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll.. Kamu kemudian akan menemukan opsi payments. Setelah itupilih kontak yang mau kamu kirimi uang, pilih akun bank milikmu dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, dan secara virtual uangmu akan terkirim ke penerima.

Baca juga:
Mengintip Sajian Tok Panjang pada Pasar Imlek Semawis 2018
Ingat Yohanna X Factor? Penyandang Disabilitas Bersuara Merdu Itu Kini Resmi Sandang Gelar Sarjana

Begitu selesai, semua transaksi itu akan terekam dalam history Whatsapp Payments. Hm, nggak sulit kan?

Namun begitu, belum ada kepastian apakah nantinya fitur ini bakal berubah atau tidak setelah dirilis resmi nanti. Sejauh ini pihak Whatsapp juga belum memastikan fitur ini bakal tersedia di negara lain, semisal Indonesia, atau enggak.

Eng, tapi memang menarik sih ya, Millens! Kita tunggu saja perkembangannya gimana ya. (ANG/GIL)