Whatsapp Business Sudah Bisa Dipakai di Indonesia. Mau Coba?

Setelah diuji coba pada sejumlah pelaku UMK Tanah Air beberapa waktu lalu, Whatsapp Business kini resmi hadir untuk Indonesia dan mulai bisa diunduh. Apa bedanya dengan Whatsapp Messenger yang kita punya?

Whatsapp Business Sudah Bisa Dipakai di Indonesia. Mau Coba?
Whatsapp Business akhirnya resmi di Indonesia. (Techweez.com)

Inibaru.id – Whatsapp Inc. akhirnya memastikan bahwa Whatsapp Business (WB) sudah bisa dipakai di Indonesia. Aplikasi ini sebelumnya sudah diperkenalkan dalam versi beta pada September 2017 lalu. Sesuai namanya, layanan ini didirikan untuk para pebisnis, baik di sektor UKM maupun perusahaan besar.

Selain Indonesia, ada empat negara lain yang juga mendapat kesempatan pertama untuk mencicipi aplikasi yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis ini. Keempatnya antara lain Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Keberadaan WB tentu akan semakin mempermudah komunikasi antara pebisnis dengan konsumennya. Yang menarik, dalam penggunaannya, kita bisa menggunakan nomer telepon rumah atau kantor, Millens. Yang penting, nomor yang digunakan berbeda dengan Whatsapp Messenger atau yang akrab dikenal sebagai WA.

Nggak cuma itu, keunggulan WB adalah, kita bisa menggunakan dua aplikasi tersebut dalam satu ponsel yang sama.

Baca juga:
Perang Palsu Fan Agnez Mo dan Anggun  
Anak Kecanduan Gawai? Laporkan Saja ke Sini!

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (19/1/2018), WB juga dilengkapi sejumlah fitur menarik seperti badge khusus yang memungkinkan pebisnis menginformasikan jam operasional, situs, kategori usaha, lokasi, serta deskripsi perusahaan. Para pebisnis yang menggunakan WB juga bisa mengakses statistik interaksi mereka dengan para konsumennya.

Nggak jauh berbeda dengan konsep Line@, aplikasi ini juga menyediakan fitur balasan otomatis. Dalam hal ini, pebisnis nggak perlu repot-repot membalas chat secara manual ke konsumennya.

Sedikit berbeda dengan versi beta, dalam peresmian ini WB meluncurkan fitur baru bernama "Labels". Fitur tersebut berfungsi membantu pengguna mengategorikan pesan masuk, sehingga komunikasi dengan konsumen bisa terorganisir dengan baik.

(Via AndroidPolice/techwezz.com)

Meski banyak fitur baru, nggak ada perbedaan signifikan antara WB dengan WA. Perbedaan hanya terdapat pada logonya. Kalau WA berlogo telepon, WB bersimbol huruf “B” dengan mempertahankan warna hijau sebagai identitas utama. 

Baca juga:
Youtuber, Aturan Monetasi Kini Kian Ketat!
Bill Gates Lunasi Utang Nigeria

Nah, buat kamu yang pengin memulai usaha atau sudah punya bisnis sendiri, penting nih untuk memiliki aplikasi yang satu ini. Sudah bisa diunduh di Google Play Store kok. Selamat mencoba dan semoga sukses, Millens! (ANG/GIL)