Waspadai 5 Tanda Persahabatan Nggak Sehat Ini!

Waspadai 5 Tanda Persahabatan Nggak Sehat Ini!
Ilustrasi sahabat berselisih paham. (Shutterstock)

Hubungan persahabatan nggak selamanya berjalan mulus. Namun, kalau terlalu banyak masalah, persahabatanmu bisa dikategorikan nggak sehat, lo.

Inibaru.id – Memiliki sahabat memang menyenangkan. Bersama sahabat, kamu bisa melakukan berbagai hal, meminta pendapat mengenai sesuatu, mendapat teman setiap saat, dan bebas berkeluh kesah karena sudah kadung percaya dengan sahabat.

Yap, sahabat adalah sosok yang selalu ada di sisimu dalam suka maupun duka. Namun, bagaimana kalau hubungan persahabatanmu ternyata nggak sehat? Alih-alih menyenangkan, persahabatanmu justru menyengsarakan. Yuk, simak tanda-tanda persahabatan yang nggak sehat berikut!

Sering Berselisih Paham

Terlalu sering berselisih paham bisa jadi tanda persahabatanmu nggak sehat. (Nbcnews)

Memiliki pandangan dan gaya hidup yang berbeda dengan sahabat memang wajar. Namun, kalau perbedaan membuat kamu dan sahabatmu berselisih paham, itu sih nggak sehat namanya.

Kamu sering bertengkar dengan sahabatmu hanya karena perbedaan pendapat? Wah, harus ada yang dibenahi nih, Millens.

Kamu Nggak Percaya Diri Tanpa Mereka

Persahabatan yang nggak sehat membuatmu nggak percaya diri jika pergi tanpa sahabatmu. (Theodysseyonline)

Di mana ada kamu, di situ juga ada sahabatmu. Eits, tapi nggak selamanya kalian harus bersama-sama, lo. Ketika kamu merasa nggak percaya diri pergi ke suatu tempat tanpa sahabatmu, itu artinya kamu terlalu bergantung padanya. Kalau dibiarkan, kamu nggak akan bisa mandiri.

Lebih Sering Memberi Daripada Menerima

Take and give dalam persahabatan harus berjalan seimbang. (Baca)

Melansir Cosmopolitan.co.id (7/6/2017), take and give dalam hubungan persahabatan harusnya berjalan seimbang. Yap, kamu nggak bisa hanya memberi barang maupun perhatian ke sahabatmu. Sebaliknya, kamu juga berhak mendapat hal serupa dari sahabatmu.

Bukan berarti pamrih nih, Millens. Namun, kalau lebih sering memberi daripada menerima, akan jadi kurang adil bagimu.

Selalu Membutuhkan Persetujuan Satu Sama Lain

Sahabat yang baik nggak akan mengatur kehidupan sahabatnya. (Gadis)

Pernah nggak sih, kamu harus meminta persetujuan sahabatmu dulu sebelum jalan dengan gebetan atau sekadar mencoba kafe terbaru?

Millens, sahabat yang baik nggak akan mengatur kehidupan pribadi sahabatnya, kok. Kamu nggak harus selalu minta persetujuan sahabat dalam mengambil keputusan.

Terjerumus dalam Hal Buruk

Persahabatan yang nggak sehat membawamu dalam pengaruh buruk. (Teens.lovetoknow)

Sahabat yang baik nggak akan mengajak sahabatnya untuk melakukan hal-hal buruk. Maka dari itu, kalau sahabat sering mengajakmu melakukan hal nggak berfaedah yang merugikan diri sendiri maupun orang lain, kamu harus memikirkan ulang persahabatan itu ya!

Kalau kamu sedang terjebak dalam persahabatan yang nggak sehat, jangan langsung tinggalkan sahabatmu, Milens. Cobalah untuk memperbaiki hubungan menjadi lebih sehat. Sahabat sejati pasti tahu bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah dengan baik, bukan? (IB10/E04)