Waspada Tryout Online CPNS 2019 Bodong di Media Sosial
Tryout Online CPNS 2019. (Instagram/cpnsindonesia.id)

Waspada Tryout Online CPNS 2019 Bodong di Media Sosial

Beberapa hari ini, warganet dihebohkan dengan beredarnya informasi ajakan tryout online CPNS 2019 di media sosial. Badan Kepegawaian Negara mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CPNS.

Inibaru.id – Beberapa hari ini, sebuah akun berembel-embel CPNS, mengunggah pamflet berupa ajakan untuk mengikuti simulasi atau tryout  online CPNS 2019 secara serentak seluruh Indonesia. Unggahan yang dipublikasi pada Senin (24/6/2019) itu menginformasikan tryout akan dilaksanakan secara serentak mulai pukul 19.00 WIB dan dapat diakses melalui ponsel masing-masing peserta.

Untuk mengikuti simulasi tersebut, peserta mesti melakukan beberapa hal seperti mengikuti akun tersebut dan menandai sejumlah teman di kolom komentar. Setelah itu, peserta diharuskan mengunggah info itu di Instagram Stories masing-masing.

Nanti, pendaftar bakal mendapatkan kode tryout setelah selesai mengisi beberapa informasi pribadi via Google Form. Nah, kode itu berfungsi untuk mendapatkan nilai hasil simulasi.

Unggahan ini pun langsung diserbu warganet. Antusias masyarakat yang tinggi terhadap lowongan CPNS membuat unggahan ini cepat menyebar.

Namun, simulasi tersebut rupanya tidak resmi berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Lewat akun resmi di Twitter, BKN menegaskan pihaknya nggak pernah melakukan kerja sama dengan pihak manapun dalam penyelenggaran tryout CPNS. BKN juga meminta kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CPNS dan bekerjasama dengan BKN.

Konfirmasi dari BKN terkait simulasi daring CPNS 2019. (Twitter/BKNgoid)

#SobatBKN, hati-hati terhadap pihak yg mengaku mengetahui soal CPNS dan menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dgn BKN. Karena apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui website dan media sosial resmi,” tulis akun @BKNgoid.

Nah, supaya nggak keliru, ada baiknya saring dahulu segala informasi yang kamu terima ya, Millens. Jangan sampai kamu menjadi korban oknum nggak bertanggung jawab. (MG23/E04)