Waspada Tanda Penuaan Dini pada Perempuan di Usia 20-an

Waspada Tanda Penuaan Dini pada Perempuan di Usia 20-an
Waspadai penuaan dini pada perempuan. (prelo.co.id)

Penuaan dini biasanya mulai terjadi sejak usia 30-an, namun karena gaya hidup yang buruk, kondisi ini bisa terjadi sejak usia 20-an. Seperti apa tanda-tandanya?

Inibaru.id – Setiap cewek tentu ingin memiliki kulit yang cantik dan awet muda. Sayangnya, terkadang kulit mengalami penuaan dini sejak usia 20-an. Hal ini tentu akan mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri, bukan?

Brilio.net, Selasa (26/2/2019) menulis, ada banyak penyebab penuaan dini pada cewek. Sebagai contoh, jika mereka sering kurang tidur, terpapar polusi, mengonsumsi makanan nggak sehat, sering terpapar sinar matahari, terbiasa merokok, atau sering terkena stres, maka risiko terkena penuaan dini pada kulit pun meningkat.

Berikut adalah beberapa tanda penuaan dini di usia 20-an yang harus diwaspadai.

  1. Bercak hitam

Bercak hitam atau flek hitam seringkali disebabkan oleh paparan sinar matahari dan kebiasaan malas memakai tabir surya. Hal ini membuat kulit terpapar radiasi sinar UV yang bisa menyebabkan bercak hitam, ruam-ruam, hingga kanker kulit. Karena alasan inilah pakar kecantikan menyarankan kita untuk tabir surya dan pelembap saat akan beraktivitas di luar ruangan.

  1. Munculnya garis halus dan keriput

Munculnya garis halus di sekitar hidung, mata, dan bibir bisa membuat cewek kehilangan rasa percaya diri. Apalagi jika sampai muncul keriput. Biasanya, kondisi ini lebih sering terkait dengan stres, gaya hidup nggak sehat, atau bahkan karena patah hati. Selain itu, kebiasaan malas merawat kesehatan kulit juga bisa menjadi pemicunya.

  1. Kulit sensitif

Kulit yang sensitif, mudah iritasi, hingga tidak meratanya warna kulit juga menandakan penuaan dini. Kondisi ini biasanya muncul di bagian leher dan disebabkan oleh paparan radiasi sinar UV dari matahari dan paparan radikal bebas seperti dari polusi udara. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan atau masalah kulit kasar.

  1. Kulit yang nggak lagi kencang

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit memang bisa kehilangan kekencangannya. Hal ini akan membuat penampilan menjadi lebih letih, kusam, dan tua. Demi mencegahnya, pakar kecantikan menyarankan kita untuk rajin berolahraga, minum vitamin, melakukan perawatan wajah, dan melakukan senam wajah.

  1. Dehidrasi kulit

Dehidrasi kulit berbeda dengan masalah kulit kering. Kondisi ini bisa menyebabkan gatal-gatal, kulit terkelupas, atau bahkan pecah-pecah. Penyebabnya biasanya adalah polusi udara, paparan langsung sinar matahari, suhu udara, hingga kebiasaan malas menggunakan pelembap atau produk perawatan kulit lainnya.

Pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat dan rajin merawat kulit demi mencegah penuaan dini pada kulit, ya Millens? (IB09/E05)