Waspada, Semarang Jadi Kota dengan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Waspada, Semarang Jadi Kota dengan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi di Indonesia
Semakin membahayakan, Semarang punya kasus Covid-19 yang tertinggi di Indonesia. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Penetapan status new normal di Indonesia membuat virus corona semakin tak terkendali. Di Kota Semarang misalnya, kini kasus aktif Covid-19-nya menjadi yang tertinggi di Indonesia. Kita pun harus lebih waspada.

Inibaru.id - Bukannya membuat angka kasus Covid-19 turun, fase New Normal  di Indonesia justru membuat kasus virus corona semakin melonjak. Berdasarkan data terakhir pada Senin (31/8/2020), total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 174.796.

Nggak hanya peningkatan angka kasus Covid-19 total yang mengkhawatirkan, hal yang sama juga terjadi di sejumlah daerah. Di Kota Semarang misalnya, Satgas Covid-19 melaporkan peningkatan kasus yang sangat tajam. Bahkan, kini Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini menjadi kota dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi di Indonesia dengan 2.317 kasus, melebihi Jakarta Pusat di peringkat kedua dengan 1.916 kasus.

"Pertama adalah tertinggi adalah Kota Semarang dengan 2.317 kasus. Kedua adalah Jakarta Pusat dengan 1.916 kasus. Lalu diikuti dengan Kota Medan 1.432, Kota Surabaya 1.355, Jakarta Selatan 1.338, Jakarta Timur 1.327, Jakarta Utara 1.276, Makassar 1209, Jakarta Barat 1.135," ujar jubir pemerintah dan Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, saat konferensi pers pada Senin (31/8)

Pemerintah Daerah dan masyarakat harus bekerja sama untuk menanggulangi kasus covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Pemerintah Daerah dan masyarakat harus bekerja sama untuk menanggulangi kasus covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Khusus untuk daerah dengan kasus aktif di atas seribu ini, Wiku meminta pemerintah daerah dan masyarakat setempat memperhatikannya dengan serius. Bagi masyarakat misalnya, harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pimpinan di daerah-daerah tersebut juga diminta untuk menerapkan kebijakan demi menekan angka kasus aktif dan penyebaran virus corona.

93 Kabupaten/Kota Tak Ada Kasus Aktif Corona

Selain membeberkan wilayah dengan kasus Covid-19 tertinggi di Indonesia, Wiku juga memaparkan ada 93 wilayah kabupaten/kota di Indonesia yang masih nggak memiliki kasus aktif virus corona. Jumlah ini tentu sangat kecil jika dibandingkan dengan total 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. 

"Persebaran kasus aktif Covid-19 di 514 kabupaten/kota pada saat ini, yaitu kalau kita lihat ada 18 persen atau 93 kabupaten/kota yang tidak ada kasus aktifnya," terangnya.

Angka ini menunjukkan bahwa virus corona telah menyebar secara masif di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini berarti, kamu harus cermat dalam menerapkan protokol kesehatan agar nggak mudah tertular. Jika keluar rumah, misalnya, pastikan untuk jaga jarak, memakai masker, dan rajin cuci tangan, ya Millens? (Kum/IB28/E07