Waspada! Muncul Modus Pencurian Baru di Mesin ATM

Waspada! Muncul Modus Pencurian Baru di Mesin ATM
Muncul modus pencurian baru pada mesin ATM. (Inibaru.id/ Audrian F)

Beberapa hari yang lalu muncul viral sebuah video yang memperlihatkan pencurian baru di mesin ATM. Kenali jensi-jenisnya.

Inibaru.id - Bank Indonesia mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap modus baru pencurian uang di mesin Automated Teller Machine (ATM). Modusnya, pelaku menutup tempat keluarnya uang dengan double tip sehingga uang tersangkut di dalam dan nggak bisa diambil korban.

Modus tersebut sempat terekam pada video yang belum lama ini viral di media sosial. Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, modus ini tengah diteliti bersama penyelenggara sistem pembayaran. Dia berharap upaya mitigasinya cepat dilakukan.

“BI bersama jasa penyelenggara sistem pembayaran akan meneliti modus ini, mudah-mudahan cepat mitigasinya,” ujarnya pada Senin (19/10/2020).

Bank Indonesia meminta jika ada kejanggalan pada sistem segeralah melapor. (iStockphoto)<br>
Bank Indonesia meminta jika ada kejanggalan pada sistem segeralah melapor. (iStockphoto)

Onny meminta masyarakat untuk berhati-hari dalam melakukan transaksi. Terlebih, kalau dalam kondisi sistem mesin transaksi tersebut ditemukan hal yang janggal. Apabila ditemui hal seperti itu, dia meminta masyarakat untuk segera melapor.

Video viral yang merekam aksi pembobolan jenis baru tersebut  berdurasi 2 menit 28 detik. Dalam video terlihat pelaku sedang memberi double tip penutup (cover) berwarna hitam pada bagian mesin saat pengambilan uang.

Kemudian, saat nasabah ingin menarik uang tunai, nggak ada uang yang keluar karena menempel di penutup (cover) yang ditempelkan di mesin ATM.

Wah, sungguh berbahaya! Tampaknya ini harus jadi perhatian kita semua ya, Millens! (IB28/E03)