Waspada, Ini Tanda Ponsel Kamu Disadap!

Waspada, Ini Tanda Ponsel Kamu Disadap!
Tanda ponsel disadap harus kamu ketahui agar nggak jadi korban. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Zaman sekarang, masih ada lo orang iseng yang berusaha untuk menyadap ponsel orang lain. Nah, kalau kamu curiga, coba deh cek tanda-tanda ponsel kamu disadap ini.

Inibaru.id – Meski kasusnya nggak banyak, bisa dikatakan ada sejumlah orang yang menjadi korban penyadapan ponsel. Nah, kamu juga perlu waspada dengan hal ini. Berikut adalah sejumlah tanda ponsel kamu disadap.

1. Perhatikan Suara Saat Kamu Sedang Menerima Panggilan

Di zaman serba modern dan penuh teknologi seperti sekarang ini, panggilan telepon jadi hal yang jauh lebih mudah dilakukan. Kalau dulu kamu berpikir dua kali hanya untuk memanggil orang lain karena biayanya pasti lebih mahal, sekarang tidak. Hanya dengan paket data, kamu sudah bisa memanggil siapa saja dengan mudah.

Nah, keberadaan sinyal yang lancar di berbagai tempat seharusnya juga nggak akan mengganggu panggilan teleponmu. Jadi, kalau suara panggilan telepon yang sedang kamu angkat bising, penuh gangguan, atau bahkan lawan bicaramu nggak mendengar suaramu, sebaiknya kamu perlu mewaspadai apakah ponsel kamu sedang disadap atau tidak.

2. Cek Apakah Ada Aplikasi Mencurigakan atau Tidak

Coba deh sekarang kamu cek ada aplikasi apa saja di ponsel kamu. Kalau merasa ada aplikasi yang nggak kamu kenal, cek dulu deh di internet apa fungsi dari aplikasi ini. Nah, kalau terlihat mencurigakan atau berpotensi penyadapan, bisa kok aplikasi tersebut dihapus saja.

Kamu bisa mengecek aplikasi-aplikasi ini di bagian Pengaturan dan masuk ke bagian Aplikasi. Cek deh satu per satu aplikasi yang ada di sana.

Ada sejumlah tanda ponsel disadap. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ada sejumlah tanda ponsel disadap. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

3. Baterai Mudah Panas dan Sering Habis

Aplikasi yang mencurigakan dan nggak dikenal akan terus beroperasi dan menghabiskan baterai kamu. Ponsel juga bakal jadi lebih cepat panas. Karena alasan inilah sebaiknya kamu harus mengecek ke bagian Pengaturan Aplikasi secara berkala.

Keberadaan aplikasi ini juga bisa mengganggu RAM ponsel, lo. Alhasil, kinerja ponselmu bakal jadi lebih berat dari biasanya. Kamu pasti merasa nggak nyaman kan kalau ponsel jadi lemot?

4. Kuota Internetmu Juga Bakal Jadi Boros

Selain baterai, aplikasi penyadapan juga bisa mempengaruhi kuota internetmu, lo, Millens. Bagaimana nggak, kuota ini terus bekerja di latar belakang dan menyedot kuotamu. Kalau begini sih, kamu harus benar-benar memperhatikan apa saja yang kamu lakukan dengan kuotamu demi memastikannya.

5. Muncul Iklan Pop-Up yang Nggak Biasa

Biasanya, kalau ada aplikasi asing yang ada di ponsel, bakal diiringi dengan kemunculan iklan pop-up yang muncul secara tiba-tiba. Hanya, dalam beberapa kasus, iklan ini justru jadi salah satu cara penyadap untuk mengaktifkan aplikasinya. Jadi, jangan sembarangan klik, ya?

6. Cek Lokasi Ponsel Jika Tiba-Tiba Aktif

Kebanyakan ponsel diaktifkan lokasinya demi kebutuhan GPS. Tapi, kalau kamu tidak mengaktifkannya namun lokasi ini justru aktif sendiri, bisa jadi ada yang menyadap ponselmu, Millens. Intinya sih penyadap pengin tahu di mana lokasi kamu.

Nah, sudah tahu kan tanda ponsel kamu disadap? Hati-hati dengan hal ini, ya? (Buz/IB09/E05)