Waspada, ini Penyakit yang Mengintaimu Saat Musim Hujan

Waspada, ini Penyakit yang Mengintaimu Saat Musim Hujan
Ilustrasi penyakit kulit. (cms.sehatq)

Nggak cuma flu, penyakit kulit ini kerap menjadi teror saat musim hujan tiba. Hal ini disebabkan air yang kotor serta udara yang lembap. Apa saja penyakit kulit yang biasa terjadi di musim hujan?

Inibaru.id - Masalah kesehatan banyak muncul saat musim hujan tiba. Tak hanya flu, berbagai penyakit kulit juga rentan menyerang. Hal ini disebabkan oleh udara yang lembap, genangan air di jalan yang kotor dan mengandung spora serta jamur, dan penyebab lainnya.

Terutama adalah genangan air di jalanan yang mengenai tubuh ternyata bisa menyebabkan gatal-gatal lo, Millens. Jadi segera ganti pakaian dan cuci bersih bagian tubuh yang terkena genangan air ya. Malas membersihkan diri seusai terkena genangan air kotor bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Apa saja?

Kutu Air

Ilustrasi kutu air. (shutterstock)
Ilustrasi kutu air. (shutterstock)

Penyakit pertama yang perlu kamu waspadai saat musim hujan adalah kutu air. Biasanya, kutu air ditandai dengan ruam kemerahan yang lembap dan gatal di sela jari kaki. Penyebab kutu air yakni karena kelembapan pada kakimu yang meningkat akibat berkeringat, sepatu basah dan tertutup, dan tak menggunakan alas kaki di tempat umum.

Selalu cuci kakimu dengan sabun dan air hangat setelah berkeringat atau terkena genangan air. Lalu pastikan kakimu sudah benar-benar kering. Pakailah kaus kaki berbahan katun ya Millens, hindari juga menggunakan sepatu tertutup dengan waktu yang lama.

Ruam Kulit

Ilustrasi kulit merah-merah. (rescloudinary)
Ilustrasi kulit merah-merah. (rescloudinary)

Jika kulitmu sensitif, kondisi kulit yang ruam sangat berbahaya untukmu lo, Millens. Kondisi tersebut dikarenakan karena kamu terlalu lama memakai kaus basah yang terkena hujan. Ruam merah pada kulit ini lama kelamaan akan menjadi lecet dan menyebabkan nyeri.

Kurap

Ilustrasi kurap. (griseofulvin)
Ilustrasi kurap. (griseofulvin)

Jika kamu merasa ada ruam kemerahan berbentuk lingkaran bersisik yang sangat gatal, bisa jadi itu tanda penyakit kurap. Biasanya kurap bisa terjadi di seluruh bagian tubuh seperti bokong, selangkangan, ketiak, tangan, kaki, wajah, bahkan hingga kepala.

Kurap disebabkan oleh infeksi jamur yang terjadi akibat keringat yang berlebih dan kelembapan yang meningkat. Untuk mencegahnya, gunakan pakaian yang bersih setelah mandi, menjaga kuku tetap pendek, serta mencuci handuk dengan sabun dan air hangat.

Skabies atau Kudis

Ilustrasi kudis. (wpcontent)
Ilustrasi kudis. (wpcontent)

Skabies atau Kudis disebabkan karena infeksi parasit yang dapat menyebar melalui kontak kulit secara langsung dengan penderita. Penyakit menular ini ini menyebabkan sensasi gatal dan ruam. Untuk meminimalisasi penyebaran kudis, cuci semua pakaian dan kain yang kamu gunakan dengan air hangat dan sabun. Kemudian keringkan dengan suhu dingin, ya.

Meskipun kegiatanmu padat saat musim hujan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri ya, Millens! (IB24/E06)