Waspada Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jawa

Di pesisir selatan Jawa, khususnya di sekitar Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta gelombang laut masih tinggi. Masyarakat diminta untuk lebih waspada dengan kondisi ini.

Waspada Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jawa
Gelombang tinggi di pantai selatan Jawa. (Radarmalang.jawapos)

Inibaru.id – Perairan pesisir pantai selatan Pulau Jawa dilanda gelombang tinggi sejak Senin (10/6/2019). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap memperkirakan kondisi ini masih berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Atas alasan inilah, BMKG meminta masyarakat untuk berhati-hati jika berkegiatan di pantai. Beberapa lokasi juga mengalami air pasang yang memasuki daratan hingga jarak puluhan meter.

“Terdapat pola sirkulasi di perairan timur laut Pulau Halmahera. Selain itu, terpantau terjadi kecepatan angin yang cukup tinggi di perairan Pulau Enggano, Bengkulu hingga selatan Jawa, di antara Pulau Sawu dan Pulau Rote, di Laut Timor, di perairan Sualwesi Tenggara, di Laut Banda, Perairan selatan Kepulauan Kei dan Aru, Laut Arafuru, dan Perairan Yos Sudarso – Merauke. Hal ini membuat gelombang tinggi di wilayah-wilayah tersebut,” ungkap Kepala BMKG Cilacap Taruna Mona Rachman seperti ditulis laman Detik, Selasa (11/6).

Di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta, gelombang tinggi diperkirakan bisa mencapai tinggi 4-6 meter. Kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga Kamis (13/6) besok.

“Gelombang tinggi berlangsung sejak Senin (10/6) pukul 07.00 WIB dan diperkirakan sampai Kamis (13/6) pukul 07.00 WIB. Masyarakat diharapkan memperhatikan ini demi keselamatan pelayaran,” tambahnya.

Di pesisir pantai Kebumen, gelombang laut tinggi membuat air laut memasuki daratan hingga puluhan meter. Hingga saat ini belum diketahui apakah terjadi kerusakan berat atau tidak, namun puluhan warung di pantai terkena air pasang.

“Di pantai Kebumen, air laut sudah masuk sejauh 50 meter. Hal ini membuat warung-warung semi permanen ikut terdampak. Kami mengimbau wisatawan dan pemilik warung tetap waspada karena diperkirakan gelombang tinggi ini masih akan menerjang kawasan pantai selatan Kebumen hingga tiga hari ke depan,” ucap Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Heri Purwoto.

Dalam waktu dekat ini, tingkatkan kewaspadaanmu kalau mau main ke pantai selatan Jawa, ya Millens. Ada baiknya hindari berwisata di pantai terlebih dahulu sampai gelombangnya kembali normal. (IB09/E04)