Waspada, 3 Tempat Ini Jadi Lokasi Paling Rawan Penularan Virus Corona, lo!

Waspada, 3 Tempat Ini Jadi Lokasi Paling Rawan Penularan Virus Corona, lo!
Ilustrasi swalayan, salah satu tempat paling rawan penularan corona. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut ada tiga lokasi yang harus kamu waspadai karena rentan penyebaran Covid-19. Di mana saja ya lokasi tersebut?

Inibaru.id – Meski Indonesia sudah menerapkan new normal, bukan berarti virus corona sudah bisa dikendalikan. Realitanya, angka kasus dan kematian akibat Covid-19 tetap tinggi.

Sayangnya, banyak orang yang masih menganggap remeh virus ini dengan tidak menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga bisa dengan tenang datang ke tempat-tempat yang bisa menjadi pusat penyebaran virus.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pernah menyebutkan ada tiga lokasi yang harus kamu waspadai karena rentan penyebaran Covid-19. Berikut adalah tempat-tempat tersebut!

Kantor atau Pabrik

Ilustrasi kantor. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi kantor. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tempat pertama yang paling rentan penularan virus corona adalah kantor atau tempat kerja yang cenderung tertutup dan dipenuhi dengan banyak orang, misalnya pabrik. Ini dibuktikan dengan adanya kabar bahwa tiga perusahaan di Semarang, Jawa Tengah, menjadi klaster baru penyebaran corona. Jumlah orang yang tertular bahkan sampai ratusan.

Ada banyak faktor yang membuat area perkantoran menjadi tempat penyebaran virus Covid-19. Selain karena ada banyak orang berada di dalam satu ruangan, banyak benda yang disentuh oleh banyak orang, sebagai contoh alat presensi finger print.

Selain itu, di jam istirahat, banyak orang yang makan atau minum bersama sambil membuka masker. Yang jadi masalah, para pekerja ini juga berinteraksi dengan keluarganya di rumah, yang mengakibatkan virus kian sulut untuk dikendalikan.

Pasar

Ilustrasi pasar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi pasar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pasar, baik itu tradisional maupun modern seperti swalayan atau mal, juga rawan menjadi tempat virus menular. Ini karena banyaknya orang yang berkumpul. Masalahnya, nggak semua orang mau menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, atau rajin mencuci tangan.

Kalau memang nggak butuh-butuh banget, jangan sering ke pasar, ya Millens. Jadwalkan waktu belanja dengan baik sehingga bisa membeli banyak kebutuhan dalam sekali waktu ke sana.

Tempat Makan

Ilustrasi makan di luar. (Inibaru.id/Zulfa Anisah)<br>
Ilustrasi makan di luar. (Inibaru.id/Zulfa Anisah)

Tempat makan, baik itu di pinggir jalan, warung-warung, hingga di dalam area mal, ternyata juga bisa menjadi lokasi penularan Covid-19. Penyebabnya, banyak orang berkumpul. Lalu, saat makan dan minum, mereka pasti akan membuka masker.

Kalau kamu ingin makan di luar, pastikan untuk datang pada jam yang nggak ramai, ya! Atau, selama masa pandemi seperti sekarang ini sebaiknya kamu nggak makan di luar dulu, deh. Kamu bisa membungkusnya saja untuk dimakan di rumah. Lebih aman!

Selalu terapkan protokol kesehatan dengan baik agar nggak tertular virus, ya Millens! Ingat, ini nggak hanya untuk melindungi diri, melainkan demi melindungi keluarga dan orang-orang lain yang tercinta. (Mer/IB09/E03)