BPOM RI Menarik 3 Merek Sarden dari Pasar

Bagi kamu yang senang mengonsumsi sarden tampaknya harus lebih berhati-hati mulai sekarang. Beberapa waktu lalu ditemukan cacing mati di dalam kemasan sarden.

BPOM RI Menarik 3 Merek Sarden dari Pasar
Cacing mati di dalam kemasan sarden instan. (Tribunnews.com)

Inibaru.id - Sarden menjadi salah satu pilihan makanan instan yang lezat untuk dikonsumsi. Namun, beberapa waktu lalu beredar video yang menunjukan adanya cacing dalam kemasan sarden instan. BPOM RI lantas mengadakan pemeriksaan pada sarden instan yang beredar di pasaran.

Hasil pemeriksaan BPOM RI menyatakan terdapat tiga jenama (merek) sarden yang positif mengandung cacing. Ketiga jenama itu adalah Farmerjack, IO, dan Hoki. Kompas.com, Jumat, (23/3/2018), menulis, cacing yang ditemukan pada kemasan itu dalam kondisi mati.

"Hasil pemeriksaan dan pengujian BPOM RI menemukan adanya cacing dengan kondisi mati pada produk ikan makarel dalam saus tomat atau sarden kaleng berukuran 425 gram," kata Kepala BPOM Kepulauan Riau (Kepri) Yosef Dwi Irwan, Kamis (22/3) malam.

Kandungan cacing pada ketiga produk tersebut membuat BPOM Kepri harus menariknya dari pasaran. Produk yang mengandung cacing itu dinilai tidak layak untuk dikonsumsi. Selain itu, adanya cacing pada sarden dapat mengakibatkan reaksi alergi (hipersensitivitas) bagi konsumen yang sensitif terhadap makanan.

"Tidak saja memerintahkan importir untuk menarik, BPOM RI juga memerintahkan importir produk Farmerjack, IO, dan Hoki melakukan pemusnahan terhadap ketiga produk tersebut," ungkap Yosef.

Terkait kejadian tersebut masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati.

"Masyarakat diimbau untuk lebih cermat dan hati-hati dalam membeli produk pangan. Selalu ingat cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan," ujar Yosef.

Waduh, harus lebih berhati-hati dalam memilih produk sarden kemasan ya, Millens. Jangan hanya mengejar instan, tapi kamu juga harus mengutamakan kandungan dalam makanan itu. (AJ/IF)