1 dari 5 Warisan Alam yang Hampir Punah Ini Ada di Indonesia

1 dari 5 Warisan Alam yang Hampir Punah Ini Ada di Indonesia
Hutan hujan tropis Sumatera yang terancam punah. (Wacana)

Nggak hanya mewarisi kebudayaan, Indonesia juga punya warisan alam yang membanggakan. Namun, kini warisan alam itu termasuk dalam daftar yang hampir punah.

Inibaru.id – Menurut UNESCO, lebih dari 50 persen dari total 1.092 situs warisan dunia kini berada dalam kondisi terancam. Situs-situs yang diciptakan manusia dari peradaban di masa lalu atau yang terbentuk secara alami itu nggak mampu dijaga dengan maksimal oleh para pewarisnya.

Kompas.com, Sabtu (9/3/2019) menulis, setidaknya ada 5 situs warisan alam di seluruh dunia yang kini terancam punah. Salah satunya ada di Indonesia. Berikut adalah di antaranya.

Hutan Hujan Tropis Sumatera

Luas hutan hujan tropis di Sumatera semakin terkikis. (IDN Times)

Proses penggundulan hutan di berbagai tempat di Indonesia sebenarnya sudah sangat memprihatinkan. Namun, khusus untuk yang terjadi di hutan hujan tropis Sumatera, kondisinya sudah sangat terancam sejak 2011.

Padahal, UNESCO menyebut hutan hujan Sumatera merupakan rumah dari sekitar 10 ribu spesies tanaman, termasuk di antaranya adalah 17 genus endemik yang hanya bisa ditemukan di Sumatera. Ada pula 200 spesies mamalia dan 580 jenis spesies burung, termasuk 21 spesies endemik.

Hutan hujan tropis terancam punah karena lahannya semakin mengecil. Banyak lahan hutan yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian, perkebunan kelapa sawit, dan pembangunan jalan.

Suaka Margasatwa Selouz di Tanzania

Suaka margasatwa Selouz yang ada di Tanzania juga terancam punah. (Africanstorksafaris)

Suaka margasatwa seluas 50 ribu kilometer persegi ini merupakan rumah dari berbagai hewan langka layaknya badak hitam, citah, gajah, kuda nil, dan lain-lain. Hanya saja, sejak 2014, perburuan liar semakin gencar terjadi di tempat tersebut.

Hutan Hujan Atsinanana di Madagaskar

Hutan hujan Atsinanana termasuk dalam salah satu warisan alam yang hampir punah. (Iucn)

Sejak 2007, hutan hujan Atsinanana mulai dirambah untuk kebutuhan pertanian dan penambangan permata. Keanekaragaman hayati Madagaskar yang unik karena berada di pulau terpisah dari Benua Afrika pun terancam.

Taman Nasional Danau Turkana di Kenya

Danau Turkana di Kenya terancam punah. (Imgix)

Danau Turkana sangat unik karena memiliki air asin, bukannya air tawar sebagaimana danau pada umumnya. Hal ini membuat Danau Turkana dijadikan tempat tinggal dari berbagai flora dan fauna unik seperti berbagai macam unggas air, kuda nil, buaya nil, dan ular. Hanya saja, pada 2018 lalu, UNESCO menyebut terjadi perubahan pada danau tersebut akibat pembangunan bendungan dan keberadaan Pabrik Gula Kuraz yang membuatnya terancam.

Taman Nasional Everglades di Amerika Serikat

Taman Nasional Everglades mulai terbengkalai sejak 2018 lalu. (Paradisecoast)

Taman nasional yang ada di Florida ini adalah tempat dari berbagai macam burung dan reptil. Sayang, degradasi ekosistem perairan membuat lokasi itu terancam sejak 2010.

Duh, perlu diperhatikan banget nih warisan-warisan alam yang ada. Jangan sampai semuanya punah hanya karena manusia kurang telaten merawatnya. Bagaimana pendapatmu, Millens? (IB09/E04)