Warganet Sarankan Tutup SPBU Biar PSBB Sukses, Ide Brilian Nggak Nih?

Warganet Sarankan Tutup SPBU Biar PSBB Sukses, Ide Brilian Nggak Nih?
Warganet sarankan tutup SPBU agar masyarakat nggak punya bahan bakar untuk pergi kemana-mana saat PSBB. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Warganet menyarankan POM Bensin ditutup selama PSBB sehingga warga nggak punya bahan bakar untuk pergi keluar. Ide ini brilian nggak ya kira-kira?

Inibaru.id – Mulai hari ini, Senin (14/9/2020), pemerintah DKI Jakarta menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keputusan ini didasari oleh angka kasus Covid-19 di Ibu Kota yang semakin mengkhawatirkan. Rencananya, PSBB bakal berlangsung selama dua minggu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar PSBB berhasil menekan laju penyebaran virus corona. Sebagai contoh, warga diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Puluhan tempat wisata juga ditutup. Hanya, realitanya masih ada banyak tempat yang berpotensi memicu kerumunan tetap buka seperti mal, swalayan, atau tempat makan.

Jika masyarakat bandel dan tetap datang ke tempat-tempat yang membuat mereka berkerumun, tentu PSBB nggak akan berhasil. Virus corona pun tetap menyebar dan memakan korban baru.

Ide menutup POM bensin diungkap warganet agar PSBB sukses. (Twitter/recehtapisayang)
Ide menutup POM bensin diungkap warganet agar PSBB sukses. (Twitter/recehtapisayang)

Soal menekan laju penyebaran virus ternyata nggak hanya dipikirkan tenaga kesehatan dan pemerintah, Millens. Realitanya, banyak warganet yang mengeluarkan ide-ide yang brilian. Salah satunya adalah akun Twitter @recehtapisayang yang mengunggah tangkapan layar unggahan akun Instagram @rolldepan.

Unggahan @rolldepan berupa ide untuk membuat PSBB sukses. Unggahan ini sangat out of the box dan cukup menarik, yakni menutup SPBU agar masyarakat nggak bisa ke mana-mana akibat kendaraannya nggak memiliki bahan bakar.

“Jika ingin PSBB berhasil, tidak usah tutup mall, supermarket, restoran, atau pembatasan wilayah. Cukup tutup POM Bensin 14 hari saja,” tulis akun @rolldepan.

Akun @recehtapisayang menanggapinya dengan tulisan “iya juga sih.” Warganet pun langsung membanjiri kolom komentar. Sayangnya, meski idenya terlihat brilian, ada yang menyebut ide ini nggak cocok untuk kebutuhan lainnya.

Nggak hanya untuk kendaraan pribadi masyarakat, BBM juga dibutuhkan untuk distribusi sembako dan lain-lain. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Nggak hanya untuk kendaraan pribadi masyarakat, BBM juga dibutuhkan untuk distribusi sembako dan lain-lain. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

“Lha iya terus suplai bahan pokok mau didorong make troli supermarket gitu dari pelabuhan?” tulis akun @ariaaria26.

Selain distribusi sembako yang bakal terganggu, ide ini dikhawatirkan akan memicu penimbunan BBM di berbagai tempat. Banyak orang yang akhirnya mengambil untung atau mencari celah agar pasokan bahan bakar tetap tersedia. Kita tahu sendiri kan, Millens, warga negara +62 itu cerdasnya bukan main kalau soal mencari cara alternatif.

Nah, kalau menurut kamu, ide menutup POM Bensin agar PSBB berhasil ini sebenarnya bagus, nggak sih? (Aku/IB09/E05)