Warganet Kesal dengan Politikus Arteria Dahlan, Wikipedia Jadi Sasaran

Di salah satu program televisi yang tayang pada Rabu (9/10/2019), Arteria Dahlan terlihat sering menyela dan berbicara dengan nada tinggi terhadap Emil Salim. Warganet kesal dan mengubah informasi terkait Arteria Dahlan di situs Wikipedia.

Warganet Kesal dengan Politikus Arteria Dahlan, Wikipedia Jadi Sasaran
Arteria Dahlan. (Lintasparlemen)

Inibaru.id – Sejak tampil di salah satu program televisi pada Rabu (9/10/2019) semalam, nama Arteria Dahlan menjadi pembicaraan publik, khususnya di media sosial. Dalam acara yang membahas Perppu UU KPK ini, Arteria dianggap melakukan tindakan yang tidak terpuji, khususnya pada lawan debatnya.

Nggak hanya selalu memotong omongan lawan bicaranya, Arteria juga terlihat sering berbicara dengan nada tinggi, menuding-nuding, hingga menganggap sesat guru besar Universitas Indonesia, Emil Salim.

Sontak hal ini membuat warganet marah. Pada Kamis (10/10) pagi, topik "Arteria Dahlan" langsung menjadi trending topic Twitter di Indonesia. Kebanyakan warganet menyuarakan ketidaksukaan mereka pada perilaku Arteria dalam acara tersebut.

Nggak hanya mengungkapkan kekesalan atau ketidaksenangan pada Arteria, sebagian warganet bahkan melakukan gerak cepat dengan menyerbu laman Wikipedia Indonesia tentang informasi anggota DPR-RI tersebut. Informasi tentang Arteria disunting dan diberikan tambahan informasi yang isinya mengolok-olok politisi asal Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) tersebut.

“Arteria Dahlan adalah tukang bacot, pengacara, dan politisi gila hormat di Indonesia. Pada 23 Maret 2015, Arteria dilantik sebagai anggota DPR-RI menggantikan (oh hanya pemain pengganti) Djarot Syaiful Hidayat,” demikian hasil suntingan di Wikipedia.

Bahkan, di bagian informasi riwayat pendidikan, warganet menuliskan hasil pendidikan yang selama ini Arteria dapatkan adalah Nol Besar karena nggak memiliki etika. Di bagian informasi tentang Aktivitas, bahkan tertulis “Tukang Pemotong Pembicaraan dan Prokoruptor”.

Akun Twitter milik budayawan Goenawan Mohamad juga ikut mengkritik sikap Arteria. Menurut Goenawan, cara politikus 44 tahun itu menanggapi pandangan Dr. Emil Salim yang berbeda dengannya sangat buruk. Hal ini justru membuat citra DPR semakin buruk di mata masyarakat.

Kalau menurut Millens, apakah perilaku Arteria nggak sopan? (IB09/E04)