Warganet Heboh Dapati Surat Nikah dan Cerai Presiden Soekarno Dijual di Instagram

Warganet Heboh Dapati Surat Nikah dan Cerai Presiden Soekarno Dijual di Instagram
Unggahan @popstoreindo. (Instagram/popstoreindo)

Sebuah akun Instagram yang beralamat di Bandung terang-terangan menjual surat nikah dan cerai Presiden Pertama RI. Hal ini memancing komentar pro dan kontra dari warganet.

Inibaru.id – Warganet digegerkan dengan unggahan toko daring di Instagram baru-baru ini. Pasalnya, akun dengan tagline "Kami Menjual Kejutan" tersebut menawarkan surat nikah presiden Soekarno dengan Inggit Ganarsih lengkap dengan surat cerainya.

Kedua surat tersebut ditawarkan pada pembeli lewat akun Instagram @popstoreindo yang beralamat di Bandung. Tepatnya Rabu (23/9) lalu, toko ini mengunggah foto keduanya dan langsung bikin warganet heboh. Akun tersebut disebut menjual barang yang bernilai sejarah.

Nggak tanggung-tanggung, akun tersebut juga mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan transaksi. Akibatnya, unggahan tersebut dapat berbagai tanggapan beragam dari warganet.

menjual surat nikah dan cerai Sang Proklamator. (Instagram/popstoreindo)
menjual surat nikah dan cerai Sang Proklamator. (Instagram/popstoreindo)

“Seorang bapak di Bandung menawarkan Surat Nikah dan Surat Cerai Asli Presiden Pertama RI: Ir Soekarno & Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit. Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini. Baru tahu juga yang jadi saksi cerainya Bung Karno dan Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara & KH. Mas Mansoer," tulis akun @popstoreindo.

Hingga saat ini, postingan tersebut sudah mendapat ribuan likes dan ratusan komentar. Sebagian warganet menyayangkan penjualan tersebut dan menilai surat nikah dan cerai sang proklamator harusnya disimpan di museum.

Namun, sebagian lainnya menyebutkan, hal tersebut sah-sah saja. Hal ini lantaran surat tersebut merupakan dokumen pribadi yang nggak berhubungan dengan dokumen negara dan layak jadi koleksi pribadi.

Terkait hal ini, pemerhati sejarah Bonnie Triyana pun berkomentar bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar sebaiknya turun tangan.

Hal ini tentu menuai pro kontra warganet. (Instagram/popstoreindo)
Hal ini tentu menuai pro kontra warganet. (Instagram/popstoreindo)

Sementara itu, Roso Deras, pemerhati sejarah yang lain, menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan Tito Asmaradani. Dia merupakan putra dari Ratna Djuami, keponakan Inggit.

Sebagai informasi, Soekarno menikahi Inggit saat masih menjadi mahasiswa Technische Hoogeschool te Bandoeng yang kini menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). Soekarno diketahui berusia 13 tahun lebih muda dari Inggit.

Kala itu, Inggit merupakan ibu kos atau induk semang dari Soekarno selama di Bandung. Setelah menikah selama 20 tahun, mereka akhirnya bercerai, tepatnya pada pertengahan 1943. Soekarno kemudian menikahi Fatmawati.

Terkait penjualan surat nikah dan cerai presiden pertama RI ini, apa pendapatmu, Millens? (Det/IB27/E03)