Warga di Desa Ini Percaya Memedi Sawah Bisa Cegah Covid-19

Warga di Desa Ini Percaya Memedi Sawah Bisa Cegah Covid-19
Ilustrasi: Orang-orangan sawah dipercaya mampu tangkal Covid-19. (Pixabay/Manfred Antranias Zimmer)

Bukan dengan memakai masker atau menghindari kerumunan, orang-orang di tempat ini justru percaya kalau orang-orangan sawah bisa mencegah Covid-19 masuk ke rumah mereka. Berhasil nggak ya cara ini?

Inibaru.id – Sejauh yang kita yakini, Covid-19 bisa dihindari dengan menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan mengenakan masker. Atau, yang sekarang tengah diuji, yakni pemberian vaksin. Namun, siapa menyangka, di tempat ini, masyarakatnya justru lebih percaya pada orang-orangan sawah sebagai penangkal corona.

Hm, aneh juga ya? Namun, hal ini benar-benar dilakukan di sebuah desa di Kamboja. Untuk melindungi diri dari terjangkit virus yang tengah mewabah ini, mereka lebih percaya pada memedi sawah, yang di sana disebut "Ting Mong", daripada memakai masker atau menjaga jarak.

Di desa tersebut, ting mong ditempatkan di setiap gerbang rumah yang ada di Kandal, sebuah provinsi yang berlokasi nggak jauh dari Ibukota Phnom Penh. Warga setempat mengatakan, memedi sawah itu memberikan ketenangan dari wabah yang sudah membunuh jutaan orang di seluruh dunia ini.

Tangkal Roh Jahat dan Penyakit

Warga Kamboja percaya orang-orangan sawah bisa mencegah virus. (Flickr/ Vien Hoang)
Warga Kamboja percaya orang-orangan sawah bisa mencegah virus. (Flickr/ Vien Hoang)

Ek Chan, seorang warga setempat menuturkan, sudah lebih dari satu abad mereka meyakini bahwa memedi sawah mampu menangkal roh jahat dan penyakit.

“Sejak saya memasang ting mong, saya yakin mereka akan menakut-nakuti sumber penyakit apa pun, termasuk Covid-19. Keluarga saya pun nggak akan tertular,” tegas Ek Chan.

Menariknya, jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara, kasus Covid-19 di Kamboja memang cenderung sangat minim. Bahkan, laporan terkini menyebutkan bahwa hanya ada 307 kasus di negara tersebut. Angka kematian? Secara luar biasa, benar-benar nihil!

Meski terlihat konyol, kasus Covid-19 di Kamboja cenderung sangat minim. (Flickr/Özgür Cam)
Meski terlihat konyol, kasus Covid-19 di Kamboja cenderung sangat minim. (Flickr/Özgür Cam)

Hal ini disebabkan oleh pemerintah Kamboja yang langsung memberikan penanganan serius begitu tahu ada wabah kecil Covid-19 di negaranya pada Maret, Juli, serta Agustus 2020.

Meski bisa dikatakan berhasil, warga setempat masih khawatir dengan wabah ini. Mereka kian khawatir setelah muncul kabar bahwa Menlu Hungaria yang berkunjung ke Kamboja justru dinyatakan positif virus Corona.

Lantas, seperti apa sih ting mong yang diyakini masyarakat Kamboja itu? Bentuknya mirip dengan orang-orangan sawah pada umumnya yang dibuat dari jerami, bambu, tongkat kayu, dan pakaian bekas.

Eh, kamu juga pengin menaruh orang-orangan sawah di depan rumahmu juga nggak nih, Millens? Ha-ha. (Pik/IB09)