Wali Kota Semarang Panen Melon Basket di Purwosari

Wali Kota Semarang Panen Melon Basket di Purwosari
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu mencicipi melon basket yang dipanen di Agro Purwosari, Jumat (8/3/2019). (Edi Gunawan)

Melon berukuran besar dengan rasa manis pastilah sudah biasa. Namun, melon yang dipetik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ini berbeda karena meski kecil, rasanya tetap manis.

Inibaru.id - Kini, Agro Purwosari nggak cuma didominasi komoditas durian, jambu kristal, dan kelengkeng, lo. Ada pula komoditas baru yang dikembangkan di agro yang terletak di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Semarang itu yakni melon basket.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berkesempatan untuk memanen melon basket itu pada Jumat (8/3/2019). Lelaki yang kerap disapa Hendi ini didampingi wakilnya Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang WP Rusdiana memetik langsung melon basket di salah satu green house yang berada di sisi kiri Agro Purwosari.

Melon basket yang ada di Agro Purwosari, Mijen, Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Dari tampilannya, melon basket berbeda dengan melon di pasaran. Bentuknya lebih kecil dan ciri khasnya ada garis-garis yang melintang dari atas hingga bawah. Kalau dibelah, melon itu berwarna oranye dengan rasa yang manis.

Hendi mengatakan, Agro Purwosari ini bisa dijadikan percontohan para petani yang ada di Kota Semarang.

“Kalau (Agro Purwosari) sudah jadi (seluruhnya), petani bisa memakainya untuk mengembangkan pertanian di wilayah masing-masing. Kita diberi iklim yang luar biasa jadi pas kalau digunakan di bidang pertanian,” kata Hendi.

Kendati begitu, Hendi mengingatkan para petani untuk mempertimbangkan cara perawatan serta pembibitannya supaya hasil panennya maksimal.

Salah satu contohnya adalah yang sudah diterapkan di green house melon basket. Di rumah kaca yang luasnya mencapai 400 m2 itu, ada 384 pohon melon basket. Paling tidak ada 85 persen pohon yang sudah berbuah dan bisa dipanen.

“Satu tanaman itu bisa menghasikan 1,5 sampai 2 kg sehingga bisa saja kalau 2 kg itu buahnya seharga 30 ribu,” ujar Kepala Dinas Pertanian WP Rusdiana.

Saat ini, Agro Purwosari sudah dibuka untuk umum, kok. Jadi, bagi kamu yang penasaran pengin melihat dan mencicipi melon basket, datang saja ke sini. Eits, tapi hubungi dulu pengelolanya ya supaya pas waktu panennya. (Ida Fitriyah/E05)