Wali Kota Solo Usulkan Monumen Didi Kempot di Stasiun Balapan

Wali Kota Solo Usulkan Monumen Didi Kempot di Stasiun Balapan
Monumen Didi Kempot rencananya akan diletakkan di Stasiun Balapan, salah satu lokasi yang dijadikan judul lagu sang legenda. (Inibaru.id/Audrian F)

Kepergian Didi Kempot masih meninggalkan rasa duka bagi banyak orang. Demi mengenang sang legenda, Wali Kota Surakarta Fx Hadi Rudyatmo mengusulkan dibangunnya monumen Didi Kempot di Stasiun Balapan Solo.

Inibaru.id – Wali Kota Surakarta Fx Hadi Rudyanto mengusulkan pembuatan monumen Didi Kempot sebagai wujud penghargaan kepada sang legenda. Monumen tersebut rencananya akan diletakkan di Stasiun Balapan, Solo. Sebagaimana kita ketahui, Stasiun Balapan adalah salah satu judul lagu paling ikonik dari sang legenda campursari.

Rudy mengaku akan mengajukan surat perizinan kepada Menteri Sosial agar usulannya bisa direalisasi.

“Kalau monumen lokal gampang, di Stasiun Balapan bisa. Tapi anugerah ini kan nggak lokal, mestinya harus nasional. Nanti kita kirim ke Mensos,” kata Rudy, Sabtu (9/5/2020).

Rudy pun menyebutkan bila seniman dengan nama asli Dionisius Prasetyo itu nggak hanya berstatus legenda nasional, melainkan internasional. Maka dari itu, dia ingin penghargaan yang didapat Didi seharusnya nggak main-main.

“Kelasnya internasional, orang Amerika (Suriname) bisa nyanyi (campursari). Itu mesti harus jadi bahan pertimbangan,” ujar Rudy.

Menurut Wali kota Solo tersebut, pembangunan monumen Didi Kempot bukanlah sesuatu yang berlebihan. Pasalnya, Didi Kempot meninggalkan warisan yang sangat berharga bagi Indonesia.

“Beliau musisi yang punya talenta luar biasa. Yang ditinggalkan legacy-nya adalah ketika konser di rumah bisa mengumpulkan dana yang luar biasa hanya dalam tiga jam, lebih dari Rp 5 miliyar. Setelah diperpanjang bisa terkumpul Rp 7,6 Miliar,” tambah Rudy.

Wali Kota Solo, Fx Hadi Rudyanto. (Kumparan/Nugroho Sejati)
Wali Kota Solo, Fx Hadi Rudyanto. (Kumparan/Nugroho Sejati)

Sebelum Rudy, sebenarnya telah ada usulan untuk membangun monumen di Stasiun Balapan Solo. Ide ini diinisiasi oleh penggemar Didi dan sudah disebarkan di situs pengumpulan petisi change.org.

Petisi yang dibuat oleh Hanindha Cholanda ini berjudul “Dukung Pendirian Patung/Memoriabilia Didi Kempot di Stasiun Balapan." Hingga saat ini, sudah dari 1.400-an orang yang menandatangani petisi tersebut.

Petisi ini ditujukan pada PT Kereta Api Indonesia yang mengelola Stasiun Balapan Solo. Menurut Hanindha, PT KAI seharusnya bangga karena salah satu stasiun terbesar di Jawa Tengah ini menjadi salah satu karya Didi Kempot yang paling terkenal. 

Sebagai informasi, lagu "Stasiun Balapan" dirilis Didi Kempot pada 1998 silam. Lagu ini membuat nama yang sebelumnya hanyalah pemusik jalanan ini melejit di dunia musik Indonesia. Bahkan, Didi kemudian sering diundang untuk tampil di Suriname, salah satu negara di Amerika Latin.

Kalau menurut kamu, apakah layak Didi Kempot dijadikan monumen di Stasiun Balapan Solo? atau kamu punya ide lebih bagus, nih Millens? (Det/MG31/E07)