Pengin Olahraga Saat Puasa? Lakukan di 3 Waktu Ini Saja

Pengin Olahraga Saat Puasa? Lakukan di 3 Waktu Ini Saja
Ilustrasi olahraga sebelum buka puasa. (Nuga)

Nggak ada salahnya kok, berolahraga saat puasa. Asal dilakukan di waktu yang tepat, olahragamu nggak mengganggu ibadah puasa.

Inibaru.id – Orang yang terbiasa berolahraga biasanya merasa ada yang kurang saat absen barang sehari. Tubuh jadi kurang fit atau berat badan langsung naik drastis. Nah, saat Ramadan seperti ini, beberapa orang ragu berolahraga karena berpikir bakal letih dan haus sedangkan nggak bisa minum karena puasa.

Selain itu, olagraga saat perut kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Alih-alih membuat tubuh segar, kamu malah kelelahan, lemas, dan merasa pusing. Olahraga yang berat saat puasa juga berakibat pada kerusakan otot dan meningkatkan hormon stres dalam tubuh.

Eits, tapi bukan berarti kamu nggak bisa berolahraga saat puasa, Millens. Asal berolahraga di waktu yang tepat, ibadah puasamu nggak bakal terganggu, kok.

Berikut tiga waktu yang tepat berolahraga saat puasa.

Sebelum Berbuka Puasa

Sebelum berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Waktu ini sangat menguntungkan karena dapat membantumu membakar lemak lebih banyak saat puasa. Eits, jangan lama-lama olahraganya, ya. Saat puasa, kamu hanya dianjurkan melakukan olahraga sekitar 30 menit atau 1 jam. Setelah ngabuburit dengan berolahraga ringan, kamu dianjurkan langsung makan saat waktu berbuka tiba supaya energimu yang hilang dapat terganti dengan cepat.

Setelah Berbuka Puasa

Selain olahraga sebelum waktu berbuka, kamu juga bisa melakukannya usai berbuka puasa. Berilah jarak waktu berolahraga antara 2-3 jam setelah makan supaya tubuhmu telah memiliki energi yang cukup. Di waktu ini, kamu bisa melakukan olahraga apapun dari intensitas ringan sampai berat seperti nge-gym dan lari.

Setelah Sahur

Setelah sahur juga waktu yang tepat untuk berolahraga. Di waktu ini tubuhmu telah menerima energi dari makanan yang disantap saat sahur. Meski begitu, kamu nggak dianjurkan melakukan olahraga berat dalam waktu ini. Olahraga yang disarankan adalah yang berintensitas ringan seperti senam lantai dan jalan kaki. Selain olahraga, kamu juga bisa merasakan udara yang segar plus menanti matahari terbit, Millens.

So, nggak ada alasan buat absen berolahraga saat puasa. Pilih waktu yang tepat, sesuaikan olahraga yang pengin dilakukan, dan langsung eksekusi deh! (IB07/E04)