Wakil Ketua MPR RI Lestarie Moerdijat Bagikan Tips Hadapi Kanker Payudara

Wakil Ketua MPR RI Lestarie Moerdijat Bagikan Tips Hadapi Kanker Payudara
Tips sembuh dari kanker ala lestari Moerdijat. (Go Riau)

Pengusaha dan politikus Lestari moerdijat bercerita pengalamannya sebagai penyintas kanker payudara. Dia juga membagikan berbagai tips bagi para penyintas kanker.

Inibaru.id  - Kanker payudara bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia ataupun kondisi. Di Indonesia, kanker payudara termasuk momok besar dengan angka kejadian 42,1 per 100 ribu penduduk. Kanker yang umumnya menjangkiti perempuan ini juga pernah menyerang politikus Lestari Moerdijat. 

Namun, vonis kanker payudara nggak menghalangi Lestari Moerdijat dalam meneruskan kariernya di bidang politik maupun usaha. Perempuan yang kini menduduki posisi Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) periode 2019-2024 dinyatakan sudah selesai melakukan pengobatan dari kanker payudara jenis HER2 Positif yang dideritanya.

Setelah sembuh dari kanker, perempuan yang akrab disapa Rerie ini memberikan semangat dan tips kepada para penyintas kanker payudara. Apa saja?

Jangan Takut

Rerie mendorong perempuan agar nggak takut ketika mendengar kata kanker. Rerie mendorong perempuan untuk memberanikan diri untuk memeriksakan diri kepada tenaga medis. Rerie mengaku dirinya menderita kanker setelah membulatkan tekad menjalani pemeriksaan.

“2016 akhir, di usia menjelang 50 saya lakukan mamografi,” ungkap rerie pada CNN Indonesia, Selasa (15/10/2019).

Percaya pada Metode Medis

Jika memang ditemukan bibit kanker, percayalah kepada metode penyembuhan medis. Setelah didiagnosis kanker, Rerie lantas melakukan berbagai rangkaian pengobatan termasuk kemoterapi dan radiasi. Sel kanker itu bisa diredam setelah Rerie menjalani setahun pengobatan.

Proses pengobatannya yang panjang nggak lantas bikin Rerie down. Dia mengaku masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan.

Jangan Gelisah

Terakhir, Rerie menyarankan kepada para penyintas agar melakukan berbagai hal yang bikin pikiran gembira dan menghindari kegelisahan. Melakukan hal yang disenangi bisa jadi satu pilihan yang tepat untuk menghalau rasa gelisah. Rerie biasanya berkebun atau beberes batik-batik koleksinya saat merasa gelisah.

“Umur udah ada yang mengatur, kalau saya dan ini selalu saya sampaikan ke teman-teman penderita dan penyintas kita harus merayakan kehidupan,” tandas Rerie.

Wah tips ala mbak Rerie ini bisa ditiru para penyintas kanker lainnya nih. Satu hal terpenting yakni jangan pernah lupakan pola hidup sehat ya, Millens! (IB27/E04)