Wajah-Wajah Baru Ini Bakal Jadi Menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf?

Hingga Senin (21/10/2019) siang, Presiden Joko Widodo belum mengumumkan nama siapa saja yang akan duduk di kursi menteri. Namun, sudah bermunculan wajah-wajah baru yang datang ke Istana sejak Senin (21/10) pagi.

Wajah-Wajah Baru Ini Bakal Jadi Menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf?
Nadiem Makarim hadir di Istana. (Antara Foto/Wahyu Putro A)

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal memperkenalkan susunan kabinet barunya bersama Ma’ruf Amin kepada masyarakat pada Senin (21/10/2019) pagi. Hal itu disampaikanya usai dilantik di Gedung MPR RI pada Minggu (20/10). Namun, hingga Senin (21/10) belum ada pengumuman resmi dari Presiden Jokowi terkait nama-nama yang akan mengisi kursi menteri.

Kendati demikian, Jokowi sebelumnya sudah membocorkan komposisi menteri yang tergabung di Kabinet Kerja jilid 2. Salah satunya Jokowi menyatakan kabinetnya akan menggabungkan menteri dari unsur profesional dan partai politik. Secara spesifik, Jokowi menyatakan komposisi menteri dari partai politik memilik sedikit lebih kecil ketimbang kalangan profesional.

"Partai politik bisa mengusulkan, tetapi keputusan tetap di saya. Komposisinya 45 persen," kata Jokowi seperti ditulis laman Kompas, Senin (21/10).

Jokowi juga mengatakan, dirinya sudah memilih menteri berusia muda untuk masuk ke dalam pemerintahan periode kedua. Calon menteri itu dikatakan berusia di bawah 35 tahun bahkan di bawah 30 tahun.

Meski belum ada pengumuman resmi, sudah ada beberapa wajah baru yang sejak Senin (21/10) mendatangi Istana. Nadiem Makarim adalah salah seorang di antaranya. Mengenakan kemeja putih, CEO PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) itu datang ke Istana. Pemilik starup decacorn ini memang sudah lama disebut-sebut masuk jadi anak buah Jokowi. 

Selain Nadiem, pengusaha Erick Thohir juga dipanggil ke Istana. Erick mengatakan, saat berdialog dengan Jokowi, dirinya diberi masukan tentang visi dan misi untuk lima tahun ke depan. Dikabarkan dia akan menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mantan CEO Net TV Wishnutama juga turut mendatangi Istana untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Tama, sapaan akrabnya, tiba di Istana pada Senin (21/10) sekitar pukul 11.10 WIB. Setelah bertemu dengan Presiden, dia membeberkan inti dialognya dengan Jokowi.

Setelah itu, ada juga tokoh lama yang datang ke Istana yakni Mahfud MD. Kepada media, Mahfud mengaku diajak bicara soal permasalahan hukum, korupsi, dan HAM. Ini memperlihatkan ada kemungkinan Mahfud bakal dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM.

Kendati demikian, belum diketahui secara tepat menteri apa yang akan diduduki tamu undangan hari ini. Satu hal yang pasti, pelantikan menteri dijadwalkan digelar pada Rabu (23/10) pukul 07.00 WIB. Wah, kira-kira siapa saja ya yang bakal jadi menteri, Millens? (IB07/E04)