Di Tiongkok, Wajah Para Penunggak Utang Ditampilkan di Layar Bioskop Sebelum Avengers: End Game Diputar

Untuk memberikan efek jera, foto dan informasi para penunggak utang di Tiongkok ditampilkan dalam video pembuka film utama di seluruh bioskop di Tiongkok. Momen penayangan Avengers: Endgame pun juga terkena imbas dari hal ini.

Di Tiongkok, Wajah Para Penunggak Utang Ditampilkan di Layar Bioskop Sebelum <em>Avengers: End Game</em> Diputar
Video berisi informasi para penunggak utang ditampilkan di bioskop-bioskop Tiongkok sebelum penayangan film Avengers: End Game. (Scmp)

Inibaru.id – Film Avengers: Endgame disambut antusias para pencinta film Marvel di seluruh duni, nggak terkecuali di Tiongkok. Momen itu pun dimanfaatkan Pengadilan Tiongkok untuk menyindir para penunggak hutang di Negeri Tirai Bambu. Sebelum menayangkan film ini, layar bioskop di sana menampilkan video pendek yang berisi foto dan nama penunggak hutang.

Laman South China Morning Post, Kamis (25/4/2019) menulis video pendek yang ditayangkan di bioskop-bioskop Tiongkok seperti Xingxin Time Movie World, Lishui, Zhejiang itu nggak sekadar menampilkan nama penghutang, jumlah utang mereka pun turut ditampilkan.

Dalam video pendek yang diprakarsai Pengadilan Distrik Liandu itu juga ditampilkan konsekuensi yang akan dihadapi para penunggak utang. Konsekuensi itu di antaranya larangan bepergian, masuk dalam daftar hitam, dan dipamerkan ke media. Melalui video itu diharapkan para penonton juga dapat belajar tentang konsekuensi lalai dari kewajiban hukum.

Penonton di bioskop Tiongkok menyaksikan video para penunggak utang. (Hejiang County Court)

Video itu akan ditayangkan di seluruh bioskop di Tiongkok sebelum pemutaran film utama, Millens. Dengan begitu, informasi tentang para penunggak utang akan ditonton lebih dari 2 ribu orang per harinya.

Cara yang demikian dianggap efektif untuk memberikan efek jera kepada para penunggak utang. Diharapkan, setelah melihat hal itu, mereka tergerak untuk segera melunasi kewajibannya.

Hal ini seperti yang dialami seorang pria yang masuk dalam daftar penunggak utang dengan total tagihan sebesar 50 ribu yuan atau setara dengan Rp 707,6 juta. Dia mendapat informasi wajahnya ditampilkan di layar bioskop dari sang putri yang berencana menonton film. Sang putri merasa malu kalau teman-temannya melihat wajah ayahnya dalam daftar penunggak utang.

Wah, ngeri juga efeknya. Daripada harus menjadi tontonan khalayak ramai begitu, lebih baik lekas lunasi segala kewajiban ya, Millens. Hm, sepertinya cara ini menarik juga untuk diterapkan di Indonesia. (IB10/E04)