Wah! Kotagede Yogyakarta Masuk Daftar 13 Kota Terindah di Asia

Wah! Kotagede Yogyakarta Masuk Daftar 13 Kota Terindah di Asia
Salah satu spot di Kotagede. (Pinterest)

Kotagede, Yogyakarta masuk ke dalam daftar 13 kota terindah di Asia versi CNN Internasional. Kota-kota apa sajakah yang juga masuk dalam daftar ini?

Inibaru.id – Millens pernah mengunjungi Kotagede atau belum? Salah satu wilayah di Kota Yogyakarta ini memang sangat menarik. Pantas saja kalau CNN Internasional memasukkannya dalam daftar 13 kota terindah di Asia. Wah!

Kotagede, Yogyakarta menawarkan keindahan, keunikan, dan romantisme tersendiri. Hal inilah yang menjadi pertimbangan CNN untuk menjadikannya sebagai salah satu kota paling indah di Asia.

“Kotagede dikenal sebagai wilayah penghasil perak. Gang-gang kecilnya memiliki seni arsitektur yang fotogenik. Selain itu, tata ruangnya kaya akan sejarah sejak abad ke-15, tepatnya saat masih di bawah Kesultanan Mataram,” tulis CNN.

Salah satu hal yang menarik perhatian CNN adalah arsitektur rumah kalang yang mengombinasikan gaya khas arsitektur kolonial Belanda dengan gaya tradisional khas Jawa. Selain itu, berbagai galeri yang menunjukkan kerajinan perak dan batik juga sangat menarik bagi para wisatawan.

Jika kamu pengin menjelajahi sejarah Kotagede, Pemakaman Imogiri yang sudah ada sejak abad ke-17 dan Masjid Kotagede yang didirikan pada 1587 patut untuk dikunjungi.

Nggak hanya keindahan arsitektur dan gang-gang kecilnya yang sangat indah, kamu juga bisa menikmati hal lain di Kotagede, lo, Millens. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan wisata kuliner dengan berburu kudapan dari beras ketan bernama Kipo yang bisa ditemukan menjelang matahari terbenam. Selain itu, kamu juga bisa menikmati minuman Cangrehe yang terdiri dari secang, sere, serta jahe.

Berikut adalah daftar 13 kota paling indah yang dikeluarkan CNN Internasional. Eits, daftar ini nggak menunjukkan peringkat, ya.

  1. Hoi An, Vietnam.
  2. Yufuin, Jepang.
  3. Georgetown, Malaysia.
  4. Vigan City, Filipina.
  5. Luang Prabang, Laos.
  6. Kampot, Kamboja.
  7. Kotagede, Yogyakarta, Indonesia.
  8. Galle, Srilanka.
  9. Zhouzhuang, Tiongkok.
  10. Mawlynnong, India.
  11. Ghandruk, Nepal.
  12. Sai Kung, Hong Kong.
  13. Phuket Town, Thailand.

Tertarik untuk main ke Kotagede, Millens? (IB09/E04)