Bersihkan Lemak Membandel di Wajan dengan Lima Cara Ini

Makanan bersantan memang enak tapi meninggalkan noda lemak di wajan. Nggak perlu khawatir, dengan lima cara ini, noda lemak di wajan bisa hilang, kok.

Bersihkan Lemak Membandel di Wajan dengan Lima Cara Ini
Ilustrasi mencuci wajan. (Durangoherald)

Inibaru.id – Saat hari raya, masyarakat Indonesia terbiasa menyajikan makanan-makanan bersantan seperti opor dan rendang. Karena mengandung santan, makanan-makanan itu meninggalkan noda lemak di wajan yang kadang sulit dibersihkan.

Eits, tenang saja, noda lemak di wajan bisa dibersihkan, kok. Berikut ada lima cara yang bisa kamu praktikkan untuk menghilangkan noda lemak di wajan.

Rendam Wajan dengan Air Panas

Sering nggak sih menemukan permukaan wajan yang tetap berminyak meski sudah dicuci? Duh, repot banget! Nah, agar noda minyak bisa luruh, segera rendam wajan atau panci dengan air panas. Kemudian tutup sampai rapat agar air tidak cepat dingin. Biarkan selama beberapa saat sampai minyak yang tertinggal dapat terangkat dengan tuntas.

Rendam dengan Sabun Selama Satu Jam

Selain air panas, kamu juga bisa membersihkannya dengan sabun cuci piring. Air sabun ini dapat mengikat lemak dan membuatnya luruh saat dibilas. Pada noda minyak yang sangat tebal dan kuat, rendamlah wajan dengan sabun cuci piring selama satu jam penuh.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda juga dapat menghilangkan lemak membandel di wajan, Millens. Salah suatu bahan pembuat roti ini berguna untuk mengangkat noda membandel yang sulit dibersihkan. Kau cukup menuang baking soda dan air secukupnya di atas wajan. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, gosok wajan yang berminyak dengan kain bersih yang telah dicelupkan ke dalam air panas. Kemudian bilas dan cuci dengan sabun cuci piring biasa sampai bersih.

Memakai Cuka

Sama seperti baking soda, cuka juga berfungsi mengangkat minyak yang susah dibersihkan. Tuangkan cuka secukupnya ke atas wajan atau panci yang berminyak dan beri setengah bagian air. Letakkan di atas kompor dan panaskan hingga mendidih selama 10 menit. Setelah itu, gosok wajan atau panci dengan sabun cuci piring sampai bersih.

Semprot Wajan dengan Pembersih Oven

Jika empat langkah sebelumnya nggak bisa menghilangkan lemak membandel, kamu bisa mencoba menggunakan pembersih oven. Semprotkan pembersih oven ke atas wajan atau panci yang terkena noda lemak membandel. Diamkan selama sehari, lalu gosok panci menggunakan handuk kertas dan cuci dengan sabun cuci piring seperti biasa.

Itulah lima cara yang bisa kamu praktikkan untuk menghilangkan noda membandel di wajan. Selamat mencoba ya! (IB07/E04)