Banyak Spot Eksotis, Indonesia Masuk Negara Paling Instagramabel di Dunia

Indonesia memang punya banyak tempat eksotis. Nggak salah kalau Indonesia masuk dalam jajaran negara paling instagramabel di dunia.

Banyak Spot Eksotis, Indonesia Masuk Negara Paling Instagramabel di Dunia
Lokawisata De Tjolomadoe termasuk salah satu tempat wisata yang instagramabel. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Demam Instagram memang sedang terjadi di seluruh dunia. Warganet berlomba-lomba mengunggah foto-foto terbaik mereka di akun Instagram pribadinya. Bahkan, ada yang menjadikan Instagram sebagai ladang penghasilan.

Fenomena ini juga terjadi di Indonesia. Banyak tempat di Tanah Air yang bahkan sengaja dibuat seapik mungkin demi menyajikan spot yang instagramabel. Hal ini nggak sia-sia karena survei yang dilakukan Big 7 Travel memasukkan Indonesia dalam 10 negara paling instagramabel di dunia. Wah!

Kompas.com, Jumat (18/1/2019) menulis, survei ini didasarkan pada daya tarik visual, popularitas di kalangan pengguna media sosial, dan setidaknya memiliki tujuh tempat yang pasti mampu membuat hasil foto yang sangat indah. Indonesia memenuhi semua persyaratan ini sehingga menempati posisi keempat dari daftar negara yang paling instagramabel di dunia dengan nilai 81,10 persen. Indonesia bahkan mengalahkan negara-negara yang terkenal sebagai tujuan wisata dunia seperti Maladewa, India, bahkan Amerika Serikat.

Negara yang paling instagramabel menurut Big 7 Travel adalah Australia dengan nilai 89,98 persen. Di bawahnya ada Hong Kong dengan nilai 86,99 persen dan Kanada sebesar 82,84 persen. Indonesia menempati peringkat keempat dan berada di atas Afrika Selatan dengan nilai 80,94 persen serta Maladewa yang mengantongi nilai 80,23 persen.

Sementara itu, empat urutan terakhir 10 besar negara instagramabel ditempati India, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Singapura secara berurutan.

Foto instagramabel yang diunggah di media sosial biasanya bertujuan untuk mengundang like dan komentar yang banyak. Dengan foto di lokasi yang bagus, si pengunggah foto bakal menuai pujian dari para pengikutnya. Namun, menurut Big 7 Travel, hal ini justru bisa menjadi ajang promosi yang efektif.

Dari survei yang dilakukan, sebanyak 67 persen responden mengaku pernah memesan hotel di sebuah tempat atau negara hanya gara-gara melihat foto yang bagus di Instagram. Bahkan, 33 persen responden mengaku mencari inspirasi liburan melalui media sosial.

Survei ini membuktikan Indonesia memang punya banyak tempat wisata yang indah, Millens. Namun, perlu diingat, sebagai warga negara dan pengunjung, kamu juga harus menjaga tempat-tempat wisata ini agar nggak mudah rusak atau bahkan penuh dengan sampah. (IB09/E04)