Segera Rampung, Waduk Gondang Karanganyar Bakal Jadi Tempat Wisata

Nggak hanya menjadi penyangga pertanian masyarakat setempat, Waduk Gondang di Karanganyar juga bakal dijadikan tempat wisata baru nih. Selain itu, di sekitar waduk juga akan dijadikan tempat wisata buah.

Segera Rampung, Waduk Gondang Karanganyar Bakal Jadi Tempat Wisata
Waduk Gondang, Karanganyar segera diresmikan menjadi tempat wisata baru. (Twitter/@atr_bpn)

Inibaru.id – Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah bakal punya lokasi wisata baru yaitu Waduk Gondang. Waduk yang masih dalam tahap pembangunan ini berlokasi di Kecamatan Kerjo, Karanganyar. Kendati demikian, waduk ini juga bisa diakses dari Kecamatan Ngargoyoso yang sudah dikenal luas sebagai tujuan wisatawan di kabupaten yang berjuluk Bumi Intapari ini.

“Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso lokasinya dekat dengan Waduk Gondang yang ada di Kecamatan Kerjo. Jadi, diharapkan wisatawan yang berkunjung ke Ngargoyoso juga mengunjungi waduk ini. Saya juga mengajak masyarakat untuk menanam buah di Ngargoyoso,” terang Bupati Karanganyar Juliyatmono sebagaimana ditulis Tribun Jateng, Sabtu (8/12/2018).

Berdasarkan rencana, Waduk Gondang tersebut bakal dijadikan penyangga pertanian masyarakat setempat sekaligus tempat wisata. Selain di Waduk Gondang, para pengunjung juga bisa berwisata di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso yang rencananya bakal disulap menjadi desa wisata buah.

Permintaan menanam buah ini didasarkan pada maraknya wisata petik buah di berbagai tempat. Melihat Desa Jatirejo memiliki potensi serupa, Juliyatmono pun menyarankan masyarakat untuk menanam buah sehingga wilayah Ngargoyoso bisa menjadi tujuan wisata buah.

Selain itu, Juliyatmono juga meminta masyarakat untuk tidak lagi menggunakan sungai sebagai jamban.

“Saya minta masyarakat tidak lagi buang hajat sembarangan. Sungai sudah kami tata dan diberi ban,” ucap Juliyatmono.

Keberadaan Waduk Gondang diperkirakan bisa meningkatkan perkonomian masyarakat dari segi pertanian dan tempat wisata. Sekitar 60 persen air yang ada di waduk ini akan mengalir ke wilayah Sragen dan Karanganyar sehingga bisa mendukung perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

“Seluruh wilayah Karanganyar bisa menjadi penyangga pangan Jawa Tengah. Di masa depan, masalah pangan dan energi adalah yang utama bagi manusia. Oleh karena itu, kita harus rajin menanam,” lanjut Juliyatmono.

Sejak 2014, pemerintah setempat mulai membangun Waduk Gondang. Sebagai irigasi, waduk ini diprediksi mampu mengairi sawah dengan luas 4.680 hektare. Keberadaan sumber air ini akan membuat petani yang sebelumnya hanya bisa menanam sekali, kini bisa menanam hingga 2 sampai 3 kali dalam setahun. Berdasarkan rencana, waduk tersebut bakal rampung akhir 2018.

Asyik nih, Millens, ada lokasi baru yang menarik buat mancing, berwisata air, sekaligus wisata buah di Karanganyar, Jawa Tengah. Eits, tapi tunggu sampai diresmikan dulu, ya! He-he. (IB09/E04)