Waduh, Dampak Kebanyakan Tidur Saat Puasa Nggak Main-Main, Lo!

Waduh, Dampak Kebanyakan Tidur Saat Puasa Nggak Main-Main, Lo!
Tidur berlebihan saat buka puasa (Flickr/Simon Law)

Karena nggak makan dan minum seharian, banyak orang yang memilih untuk lebih banyak tidur saat puasa. Meski hal ini bisa membuat waktu puasa berjalan dengan cepat, dampaknya bagi kesehatan nggak baik, lo.

Inibaru.id - Saat berpuasa, tubuh nggak mendapat asupan makanan dan minuman lebih dari 12 jam. Hal ini membuat energi yang ada di tubuhmu terkuras sehingga membuatmu mudah lelah dan sering mengantuk. Akibatnya, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk tidur saat berpuasa.

Sebenarnya tak masalah jika kamu tidur saat berpuasa, selama nggak berlebihan dan nggak mengganggu jadwal bekerja atau waktu beribadahmu. Hanya, kalau kamu justru memilih untuk bermalas-malasan seharian, dampaknya bisa buruk bagi tubuhmu, lo.

Berat Badan akan Lebih Mudah Naik

Ilustrasi berat badan naik. (Stock.adobe)
Ilustrasi berat badan naik. (Stock.adobe)

Jangan berharap berat badanmu akan turun selama bulan puasa kalau kerjaanmu hanya tidur seharian dan bermalas-malasan ya, Millens. Karena yang ada, berat badanmu justru akan naik dengan cepat.

Terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya peningkatan berat badan, sakit kepala, sakit punggung, hingga masalah kardiovaskular. Wanita yang tidur lebih dari 10 jam sehari memiliki risiko besar mengidap sindrom metabolik, sementara pria berisiko mengalami peningkatan kadar trigliserida yang dapat memicu hipertensi.

Membuat Tubuh Semakin Lemas

Ilustrasi tubuh lemas. (Unsplash)
Ilustrasi tubuh lemas. (Unsplash)

Tidur terlalu lama saat menjalani ibadah puasa bisa berbahaya bagi kesehatan lo, Millens. Hal tersebut dikarenakan tubuh menjadi pasif dan otot nggak bekerja secara maksimal. Selain itu, metabolisme dan organ didalam tubuh nggak bekerja secara maksimal. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Banyak Pekerjaan yang Terus Menumpuk

Ilustrasi pekerjaan menumpuk. (Shutterstock/ Sergey Mironov)
Ilustrasi pekerjaan menumpuk. (Shutterstock/ Sergey Mironov)

Tak ada yang salah jika sering tidur saat berpuasa, namun jangan sampai mengganggu waktu bekerjamu ya, Millens. Tetap utamakan menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu dibandingkan hanya tidur. Jika memang lelah, istirahatlah.

Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi badan nggak fit. (Shutterstock)
Ilustrasi badan nggak fit. (Shutterstock)

Selain dapat membuat tubuh lemas, tidur berlebihan juga bisa menurunkan daya tahan tubuh lo, Millens.  Hal ini tentu membuatmu lebih mudah diserang bibit penyakit.

Tak heran kalau saat puasa, banyak orang mudah terserang flu atau diare karena daya tahan tubuhnya nggak baik. Oleh karena itu, penting sekali untuk menghentikan kebiasaan malas-malasan agar sistem kekebalan tubuhmu meningkat.

Lebih Baik Olahraga Agar Tubuh Sehat

Ilustrasi. (Unsplash/ Jonathan Borba)
Ilustrasi. (Unsplash/ Jonathan Borba)

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk nggak berolahraga ya, Millens. Berolahraga justru bisa membuat badan tetap bugar dan fit. Hanya, karena kamu sedang berpuasa, lakukanlah di dekat waktu berbuka atau di malam hari saja.

Banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Mulai dari yoga, senam ringan, bersepeda, atau bahkan jalan santai. Hal ini jauh lebih baik daripada hanya tiduran dan malas-malasan seharian.

Kamu terbiasa malas-malasan saat puasa atau lebih suka tetap aktif melakukan berbagai macam hal, nih, Millens(Idn/IB24/E07)