Virgil van Dijk Sabet PFA Player of The Year 2019

Virgil van Dijk Sabet PFA Player of The Year 2019
Pemain Liverpool Virgil van Dijk sabet penghargaan PFA Player of The Year 2019. (Twitter/VirgilvDijk)

Pemain Liverpool Virgil van Dijk meraih penghargaan PFA Player of The Year 2019 karena performanya yang luar biasa sepanjang musim.

Inibaru.id – Pemain bertahan Liverpool, Virgil van Dijk meraih penghargaan PFA Player of The Year untuk musim 2018-2019. Van Dijk mengalahkan beberapa pemain yang juga tampil gemilang musim ini seperti Sergio Aguero, Bernardo Silva, dan Raheem Sterling (Manchester City); Eden Hazard (Chelsea); dan rekan satu timnya, Sadio Mane.

Laman Kompas, Senin (29/4/2019) menulis, van Dijk adalah bek pertama yang meraih penghargaan pemain terbaik Liga Inggris sejak terakhir kali diraih John Terry pada 2004-2005. Sejak diraih bek Chelsea itu, gelar pemain terbaik biasanya diraih pemain di posisi gelandang atau penyerang.

Kendati belum tentu meraih gelar Liga Inggris musim ini, performa van Dijk memang sangat luar biasa. Kehadiran van Dijk membuat lini belakang Liverpool yang biasanya angin-anginan berubah menjadi sangat tangguh. Sejauh ini, dari 36 laga, The Reds baru kebobolan 20 kali.

Statistik permainan bek asal Belanda ini juga sangat superior. Dia memimpin statistik sentuhan terbanyak (3.262), umpan terbanyak (2.847), memenangi duel paling banyak (228), memenangi duel udara terbanyak (170), intersep paling banyak (40 ), clearance paling banyak (193), dan melakukan blok tendangan lawan paling banyak (17 kali).

“Penghargaan ini sangat spesial karena didapatkan dari pilihan pemungutan suara dari para pemain yang Anda lawan setiap pekan. Saya sangat bangga menerimanya,” ucap van Dijk.

Sterling Raih Gelar Pemain Muda Terbaik

Sementara itu, penyerang sayap Manchester City Raheem Sterling meraih gelar PFA Young Player of The Year. Musim ini, Sterling mampu mencetak 17 gol dan 10 assist. Performa Sterling yang luar biasa membuat City masih kokoh di puncak klasemen Liga Inggris untuk sementara.

Berikut adalah daftar lengkap perarih penghargaan PFA Player of The Year 2018-2019.

  • PFA Player’s Player of the Year (Men), Virgil van Dijk (Liverpool)
  • PFA Player’s Player of the Year (Women), Vivianne Miedema (Arsenal)
  • PFA Young Player of the Year (Men), Raheem Sterling (Manchester City)
  • PFA Young Player of the Year (Women), Georgia Stanway (Manchester City)
  • PFA Special Achievement Award, Steph Houghton (Former England and WBA)

Selamat, van Dijk! (IB09/E04)