Viral Foto Perempuan Muslim Semarang Berjabat Tangan dengan Paus Fransiskus, Begini Faktanya

Viral Foto Perempuan Muslim Semarang Berjabat Tangan dengan Paus Fransiskus, Begini Faktanya
Dewi Praswida, perempuan asal Semarang bersalaman dan berdialog dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Roma, (26/6). (Kompas/Istimewa)

Foto Dewi Praswida, perempuan muslim yang berjabat tangan dengan Paus Fransisikus tengah viral. Bukan cuma sekali, sudah dua kali mahasiswa Pascasarjana Universitas Katolik Soegijapranata ini bertemu dengan Sang Paus.

Inibaru.id - Jagad maya baru-baru ini sempat dihebohkan dengan foto perempuan berhijab yang bersalaman dengan pemimpin tertinggi umat katolik, Paus Fransiskus di Vatikan. Nama perempuan tersebut ialah Dewi Kartika Maharani Praswida, dia berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dewi mengaku sudah dua kali bertemu dengan Paus Fransiskus. Pertemuan pertamanya pada Maret 2018, saat dia hadir dalam acara Pre Sinode Meeting pemuda dari seluruh dunia. Kala itu dia hanya sempat berjabat tangan.

Selanjutnya pada Juni 2019, Dewi kembali lagi ke Vatikan dan dipercaya oleh keuskupan Agung Semarang untuk menyelesaikan studi dialog lintas agama di Roma selama enam bulan. Kesempatan itu tentu saja nggak disia-siakan oleh Dewi.

Nah, di hari terakhir studinya, pada Rabu (26/6), dia berkesempatan bertemu lagi dengan Paus Fransiskus di St Peter Squere, Vatikan, Roma, Italia. Dewi mengaku momen keduanya ini sangatlah spesial dan berkesan. Dia memperkenalkan diri sebagai muslim asal indonesia. "Beliau (paus) katakan Iya dan akan mendoakan. Dalam perkenalan, saya katakan bahwa saya muslim dari Indonesia," ujarnya seperti dilansir Kompas, Rabu, (3/7). Dewi mengaku saat itu hanya dia yang diberi kesempatan untuk bertatap muka.

Eits, Dewi nggak cuma bersalaman dan berkenalan. Momen pertemuannya dengan pemimpin agung umat Katolik ini di manfaatkan Dewi untuk meminta Paus turut mendoakan untuk perdamaian dunia.

"Saya saja yang bersalaman kala itu. Saya perkenalkan diri saya kepada Paus dan saya minta beliau doakan untuk saya dan untuk perdamaian dunia," katanya. Terkait fotonya saat berjabat tangan dengan paus beredar luas dan menjadi di media sosial, baginya merupakan bentuk apresiasi masyarakat atas sikap kerukunan antarumat beragama. Dewi semakin yakin bahwa Indonesia merupakan negara yang cinta damai. Dia berharap hidup bersama saling menghargai tanpa memandang latar belakang agama.

Nah Millens, Yuk jaga tali persatuan serta pedamaian bangsa ini. Agama boleh berbeda tapi tetap satu Nusa satu bangsa. (IB33/E05)