Viral Warganet Unggah Kabar RS Dipenuhi Pasien Covid-19, Nakes Kewalahan!

Viral Warganet Unggah Kabar RS Dipenuhi Pasien Covid-19, Nakes Kewalahan!
Unggahan warganet yang menyebut nakes sudah kelelahan karena pasien Covid-19 yang terus membeludak. (Twitter/dinaagisni)

Warganet @dinaagisni mengunggah keluh kesah perawat di RS di Jakarta yang kewalahan menangani pasien Covid-19 yang semakin banyak. Seperti apa ya keluh kesahnya?

Inibaru.id – Nandina Anira, warganet pemilik akun Twitter @dinaagisni mengunggah Instagram Story milik temannya yang merupakan perawat di sebuah rumah sakit di DKI Jakarta pada Jumat (31/7/2020). Dari dua foto tangkapan layar yang diunggah, disebutkan bahwa rumah sakit tersebut penuh sesak dengan pasien Covid-19 sehingga membuat petugas kesehatan kewalahan.

Pasien benar2 membludak full positif Covid-19. Pesenan tempat untuk ICU selalu full waiting list,” tulis rekannya di Instagram Story sebagaimana diunggah di foto.

Selain itu, rekan Nandina juga menyebut semua keluarga pasien mencari alat bantu pernapasan. Yang cukup mengejutkan, salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19, RS Wisma Atlet bahkan sampai memesan tempat di rumah sakit yang nggak disebutkan namanya tersebut.

Sang perawat juga menceritakan alat bantu pernapasan yang baru saja dipakai pasien yang telah meninggal langsung diatur ulang agar bisa segera dipakai pasien lainnya. Sementara itu, seluruh tenaga kesehatan di RS tersebut kelelahan. Dia juga mengeluhkan kapan pandemi ini bisa segera berakhir di Indonesia.

Ilustrasi: Nakes kelelahan karena terus menanganis pasien Covid-19 tanpa henti. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi: Nakes kelelahan karena terus menanganis pasien Covid-19 tanpa henti. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Selain itu, unggahan Nandina juga mengungkap penyediaan fasilitas panggilan video bagi keluarga dengan pasien. Banyak pasien yang baru saja melakukan panggilan video kemudian meninggal.

Banyak yg ditinggal dalam keadaan masih muda, lg hamil, punya anak msh kecil2, cicilan ini itu..,” lanjut tulisan sang rekan di unggahan tersebut.

Warganet lain memberikan tanggapan pada unggahan ini. Akun @DamanikMayang menyebut tantenya harus masuk ke ICU karena terkena penyakit selain Covid-19, namun kesuiltan mencari RS karena hampir semua rumah sakit telah penuh. Di RS AU, sang tante akhirnya bisa dirawat, namun seluruh keluarga harus memakai APD karena di ruang ICU ada pasien Covid-19.

Akun @AriestyYin yang merupakan tenaga kesehatan bahkan mengaku baru membantu pasien melakukan panggilan video ke anaknya yang berada di Australia. Sang anak dengan bersedih meminta maaf karena belum bisa pulang dan berterima kasih kepada orang tuanya layaknya akan berpisah.

Mari kita bantu tenaga kesehatan agar tidak kewalahan menangani pasien Covid-19, ya Millens. Caranya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker di luar rumah, rajin cuci tangan, menjaga jarak, dan keluar rumah jika butuh saja. (IB09/E09)