Viral Wacana Pemekaran Wilayah Provinsi Muria Raya, Ini Tanggapan Plt Bupati Kudus

Viral Wacana Pemekaran Wilayah Provinsi Muria Raya, Ini Tanggapan Plt Bupati Kudus
Plt Bupati Kudus menanggapi wacana pemekaran Provinsi Jawa Utara yang tengah viral. (via Kuasakata)

Sebuah video bernarasi pemekaran Provinsi Jawa Utara atau Muria Raya viral dan membuat publik ikut merespons. Rencananya, jika pemekaran ini memang terjadi, Kudus akan ditetapkan menjadi ibukota provinsinya. Hm, seperti apa kata Plt Bupati Kudus?

Inibaru.id – Beberapa hari yang lalu sebuah video yang berisi narasi wacana pemekaran provinsi di Pulau Jawa viral. Nggak tanggung-tanggung, Pulau Jawa bakal dimekarkan menjadi 9 provinsi. Salah satunya Provinsi Muria Raya.

Dalam unggahan video akun YouTube Data sembilan hari yang lalu itu memperlihatkan ilustrasi Pulau Jawa. Sejak awal diunggah, video berdurasi 5 menit 31 detik itu telah ditonton ratusan ribu kali dan dikomentari ribuan warganet.

Narasi video itu menyebutkan bahwa nantinya Provinsi Jawa Utara bakal berisikan wilayah eks Karisidenan Pati, yaitu Kudus, Jepara, Grobogan, Blora, Rembang, dan Pati. Adapun, wilayah yang bakal menjadi ibukota provinsi adalah Kabupaten Kudus. Jadi, nantinya daerah-daerah ini nggak lagi masuk dalam wilayah Jawa Tengah, Millens.

“Daftar 9 usulan dan wacana pembentukan provinsi baru di Pulau Jawa,” tulis akun tersebut dalam keterangan videonya.

9 Daftar Provinsi Baru

Kudus bakal menjadi Ibukota Provinsi Jawa Utara. (Inibaru.id/ Rafida Azzundani) 
Kudus bakal menjadi Ibukota Provinsi Jawa Utara. (Inibaru.id/ Rafida Azzundani) 

Penasaran nggak wilayah mana saja yang bakal dimekarkan? Di Banten, ada satu daerah wacana pemekaran yakni Provinsi Tangerang Raya.

Di Jawa Barat, ada dua wilayah, yakni Cirebon dan Bogor.

Kemudian ada 3 wilayah di Jawa Tengah tempat wacana pemekaran: Provinsi Banyumasan, Provinsi D.I Surakarta, dan Provinsi Jawa Utara.

Sementara wacana pemekaran 3 provinsi baru lainnya ada di Jawa Timur.

Nah, dalam pemaparannya, di Provinsi Jawa Utara ada 6 wilayah yang masuk Muria Raya atau Provinsi Jawa Utara. Wilayah ini termasuk Kabupaten Rembang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Grobogan.

Akun tersebut juga menyebut usulan dan wacana pemekaran itu pernah muncul dari masyarakat. Nggak cuma itu, usulan juga datang dari tokoh-tokoh di daerah tersebut, lo.

Menurut keterangan dari akun tersebut, beberapa wacana sudah nggak lagi dibahas. Meski begitu, ada beberapa yang masih diperbincangkan.

“Ada yang sudah tidak dibahas lagi dan ada yang masih ramai sampai sekarang,” tulis akun Data di unggahan videonya.

Tangapan Bupati Kudus

Video viral itupun ditanggapi oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Dia menyambut baik wacana ataupun isu tersebut. Menurut dia, pemekaran wilayah merupakan salah satu cara untuk mengefektifkan wilayah.

“Kalau memang ada (pemekaran wilayah) sangat bagus sekali. Mungkin lebih efektif, lebih mengefektifkan wilayah,” kata Hartopo, Jumat (11/2/2022).

Hartopo juga mengatakan, kalau memang ada pemekaran, maka menurut pengamatannya Jawa Tengah dapat dimekarkan menjadi tiga bahkan empat provinsi lagi karena luasnya wilayah.

“Wilayah di Jawa Tengah ini kan terlalu luas sampai 35 daerah. Harapannya kalau ada pemekaran provinsi ini, yang ada 3 atau 4 lagi di Jawa Tengah itu, penanganannya bisa lebih efektif,” pungkasnya.

Hm, kalau menurutmu wacana pemekaran wilayah ini sekadar isu atau memang rencana ke depan, Millens? (Mur,Ayo/IB21/E07)