Viral Video Ospek Semena-Mena, Ini Tanggapan Kemenristekdikti

Viral Video Ospek Semena-Mena, Ini Tanggapan Kemenristekdikti
Tindakan Kemenristekdikti terkait video yang viral. (Twitter)

Baru-baru ini sebuah video yang memperlihatkan perlakuan tak pantas dari senior terhadap junior viral di media sosial. Perlakuan itu diketahui dialami para mahasiswa baru saat ospek.

Inibaru.id – Sebuah video tentang kegiatan pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru viral di media sosial Facebook. Dalam video tersebut tampak para mahasiswa baru yang mengenakan jas almamater kuning diperlakukan semena-mena para senior.

Para mahasiswa itu diminta berjalan jongkok menaiki anak tangga sambil membawakan tas milik para senior. Masih dalam unggahan yang sama tapi video yang berbeda, mahasiswa beralmamater kuning itu juga diminta meminum air dari satu gelas. Namun, air itu nggak benar-benar diminum melainkan dimuntahkan kembali ke gelas tersebut. Lalu, air di gelas itu diminum mahasiswa lain secara bergantian.

Kedua video tersebut sontak membuat geram warganet. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pun langsung menelusuri kebenaran video yang tersebar luas itu.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar mengatakan pihaknya telah menelusuri video tersebut dan sudah datang ke kampus terkait. Kejadian itu rupanya dilakukan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun, Ternate.

Pihak kampus disebut turun tangan untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut.

“Kampus Unkhair sudah menindaklanjuti sesuai aturan akademik yang berlaku,” ujarnya seperti dilansir dari laman Kompas, Jumat (30/8/2019).

Ismunandar menegaskan hal itu tidak dibenarkan. Pihak Kemenristekdikti sudah punya panduan terkait kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

“Demikian juga perguruan tinggi tidak diperbolehkan mengembangkan model pengenalan kampus sesuai dengan interpretasi masing-masing sehingga terjadi penyimpangan antara lain aktivitas perpeloncoan oleh senior, kekerasan fisik, dan atau psikis yang dapat berakhir dengan adanya korban jiwa. Tentu saja dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat pada umumnya,” papar Ismunandar.

Kalau menurut kamu gimana Millens terkait video viral di tersebut? (IB24/E04)