Begini Fakta Pendaki Hipotermia yang Diduga Ditinggal Rombongan

Begini Fakta Pendaki Hipotermia yang Diduga Ditinggal Rombongan
mendaki gunung (bandung.panduanwisata.id)

Beberapa waktu lalu beredar video seorang pendaki wanita di Gunung Ciremai dikabarkan mengalami hipotermia dan ditinggal rekan serombongannya. Begini faktanya.

Inibaru.id – Belakangan ini beredar video di media sosial tentang pendaki Gunung Ceremai, Jawa Barat yang mengalami hipotermia. Dalam video yang diunggah akun @sriharyanti.gw pada Rabu (20/6/2018) tersebut, pendaki berjenis kelamin perempuan itu terlihat dipeluk erat pendaki perempuan lain. Berita yang beredar sebelumnya, pendaki tersebut ditinggal rombongannya yang tetap melanjutkan perjalanan ke puncak.

Kumparan.com, Kamis (21/6) menulis, karena berita yang beredar dianggap nggak sesuai, penyebar video tersebut kemudian mengeluarkan klarifikasi. Dia menceritakan pendaki itu nggak ditinggal rombongannya begitu saja.

Saat itu, sang korban yang diketahui bernama Ayu mendaki bersama keenam temannya. Salah seorang di antara rombongan itu adalah kekasih Ayu yang bernama Alwi. Ayu diketahui mendaki hanya menggunakan kemeja dan jaket biasa sehingga di tengah perjalanan dia menggigil kedinginan.

Ketika rombongan berjalan dari Pos 4 menuju Pos 5, korban sudah mulai merasakan gejala hipotermia sehingga seluruh rombongan memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan. Mereka kembali ke Pos 4 dan mendirikan tenda sembari memberikan pertolongan berupa mengganti baju, memakaikan sarung tangan, kaus kaki, dan memberikan minyak angin. Ranger gunung dan petugas lainnya juga sudah memberikan bantuan. Hanya saja, 5 orang dari rombongan tersebut mendirikan tenda di bagian yang lebih tinggi dari Pos 4 karena tidak ada lagi tempat yang tersisa.

Tatkala korban sudah agak mendingan, Ayu memaksakan diri untuk ikut mendaki ke puncak meski sudah dilarang rekan-rekannya. Dia akhirnya memilih untuk kembali ke Pos 5 karena tak kuat mendaki dan rekan-rekannya kembali mencari pertolongan kepada ranger gunung. Korban yang masih ditemani pacarnya sudah dalam kondisi lemas saat ditemukan pendaki lainnya. Hal ini berarti, rekan-rekan Ayu bukan meninggalnya tapi mereka justru mencari bantuan untuk menolongnya.

Ya, hingga kini hipotermia masih menjadi momok terbesar bagi para pendaki selain tersesat di gunung. Karena alasan inilah, setiap pendaki gunung harus memastikan diri membawa peralatan lengkap dan memiliki kondisi fisik yang prima sebelum mendaki. Kalau sedang dalam kondisi yang kurang prima lebih baik tunda dulu deh. (IB09/E04)