Viral Pedagang Bagikan Buah ke Mahasiswa yang Demo di Yogyakarta, Ini Ceritanya

Viral Pedagang Bagikan Buah ke Mahasiswa yang Demo di Yogyakarta, Ini Ceritanya
Demonstrasi di Gejayan, Yogyakarta. (Twitter/Notthisfar)

Di sela-sela aksi demonstrasi #GejayanMemanggil di Yogyakarta, terselip aksi para pedagang yang membagikan buah untuk para mahasiswa. Apa alasan mereka melakukannya?

Inibaru.id - Ribuan mahasiswa di Kota Pelajar, Yogyakarta turun ke jalanan untuk melakukan aksi demonstrasi. Mereka memusatkan aksi di kawasan Gejayan. Tagar #GejayanMemanggil memang sudah digaungkan di media sosial sebelumnya.

Lebih menarik, di tengah-tengah aksi yang berlangsung damai ini, para pedagang di sekitar lokasi turut membagikan buah dan air kepada para mahasiswa. Hal itu direkam sejumlah demonstran dan sempat viral di media sosial.

Laman Kompas, Selasa (23/9/2019) menulis pedagang yang ada di Jalan Kolombo membagi-bagikan apel, jeruk, dan air kepada para demonstran. Hal ini dianggap sebagai dukungan masyarakat kepada para mahasiswa yang menyuarakan aspirasi rakyat kecil.

Salah seorang pedagang yang melakukannya adalah Nurcholis. Pria berusia 28 tahun yang merupakan karyawan dari kios buah Mbak Sam di Jalan Kolombo nomor 2 ini menjelaskan tentang alasannya melakukan tindakan tersebut.

"Iya, kami memang membagikan buah ke para mahasiswa tadi. Mereka benar-benar berjuang untuk rakyat. Bos tadi yang meminta untuk membaginya ke mahasiswa," ucap Nurcholis.

Dia membagikan 5 kilogram jeruk kepada para mahasiswa. Proses pembagian ini diberikan melalui jendela di lantai 2 kios karena kios di lantai bawah baru buka setelah petang.

"Ya meski sedikit, setidaknya membantu menghilangkan rasa haus para mahasiswa. Tadi soalnya cuacanya sangat panas," jelasnya.

Pedagang lain yang membagikan buah adalah Irwan Susila. Pemilik kios buah Mbak Muji ini juga membagi-bagikan buah dan air mineral dengan alasan yang sama.

"Panas banget tadi. Kasihan para mahasiswa. Kami membagi jeruk sekitar 5 kilogram, apel 1 kilogram, sama air mineral. Ini spontan. Mereka juga nggak meminta dan aksinya juga damai," jelas Irwan.

Semoga aspirasi para mahasiswa dan masyarakat benar-benar didengarkan para petinggi negara ya, Millens. (IB09/E04)