Viral Kuda Dokar Pingsan di Bogor, Begini Cerita Pemiliknya

Viral Kuda Dokar Pingsan di Bogor, Begini Cerita Pemiliknya
Kuda dokar yang jatuh di Stadion Pakansari, Bogor. (Bonsaibiker)

Kuda dokar terjatuh di depan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada Minggu (9/6/2019). Pemilik kuda menyebut, penyebabnya bukan kelelahan sebagaimana yang dikira banyak orang.

Inibaru.id – Di akun Instagram @depok_update, viral foto yang memperlihatkan seekor kuda dokar yang terkapar dan pingsan di jalanan. Dalam keterangan yang diunggah pada foto tersebut, sang kuda disebut kelelahan dan jatuh di depan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Minggu (9/6/2019) sehingga membuat penumpang dokar ikut terjerembab.

Namun, asumsi itu dibantah pemilik dokar Nurdiansyah. Dia menceritakan fakta tentang kejadian ini. Pria asal Jalan Kesadaran, Kampung Cikempong, Pakansari itu menyebut sang kuda nggak tewas sebagaimana yang dikira banyak orang. Bahkan, sang kuda sudah bisa berdiri kembali setelah terjatuh sehingga bisa dibawa kusirnya pulang.

“Nggak ada masalah, kudanya sudah bisa berjalan dengan normal sekarang,” ungkapnya seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (15/6).

Nurdiansyah mengaku ikut kaget saat melihat salah satu kudanya terjatuh. Di awal, dia bahkan mengira terjadi perkelahian saat ada warga berkerumun.

“Awalnya saya kira ada yang berantem. Tapi pas dilihat kok delman rusak dan patah. Atapnya juga sudah rusak,” ceritanya.

Pria berusia 35 tahun ini pun membantah kabar sang kuda kelelahan. Nurdiansyah menyebut kusir dokar, Dio sengaja menjatuhkan kuda ini agar nggak menabrak mobil yang sedang parkir.

“Nggak benar itu. Kuda-kuda kita sudah jago tanpa perlu disabet. Makanya penumpang kita larang menggebuk pantatnya. Nanti malah larinya jadi terlalu cepat. Kuda ini sengaja dijatuhkan agar nggak nabrak mobil. Kalau nabrak kan harus ganti rugi kerusakan mobil,” jelasnya.

Nur juga memastikan ketiga penumpang berada dalam kondisi selamat dan sehat. Para penumpang sudah ditawarkan untuk berobat, tapi mereka nggak datang. Hanya saja, Nur juga mengaku dokar melebihi kapasitas.

Selalu hati-hati saat naik alat transportasi ya, Millens. Pihak pemilik kuda juga semestinya memperhatikan kesehatan kuda supaya tetap prima meski diajak bekerja. (IB09/E04)