Viral Kera Swafoto dengan Wisatawan di Ubud Bali, Begini Faktanya

Viral Kera Swafoto dengan Wisatawan di Ubud Bali, Begini Faktanya
Swafoto kera di Monkey Forest, Ubud, Bali. (Nusabali)

Swafoto kera di Monkey Forest, Ubud, Bali viral di media sosial. Bagaimana bisa kera melakukan swafoto seperti ini?

Inibaru.id – Monkey Forest adalah salah satu lokasi wisata paling ramai di Ubud, Bali. Selain hutan yang rindang, di tempat ini pengunjung juga bisa melihat tingkah polah kera-kera yang lucu. Eits, sekarang kita pengunjung juga bisa melakukan swafoto dengan kera di tempat ini, lo. Kok bisa?

Laman Kompas, Kamis (13/6/2019) menulis, pawang kera di Monkey Forest Ubud I Nyoman Surata bisa mengarahkan kera agar bisa berpose layaknya melakukan swafoto dengan wisatawan. Hal ini rupanya bisa membuat jumlah wisatawan yang datang ke lokasi wisata tersebut meningkat.

“Awalnya monkey selfie ini hanya dilakukan wisatawan asing. Tapi setelah fotonya viral di media sosial, semakin banyak pengunjung lokal yang datang dan ingin mendapatkan foto selfie dengan kera. Sampai-sampai saya nggak bisa istirahat demi melayani permintaan wisatawan,” ungkap Surata.

Dalam beberapa tahun terakhir, Monkey Forest Ubud memang tengah melakukan pembenahan. Sebagai contoh, luas wilayah lokasi wisata ini meningkat dari tujuh hektar menjadi 22 hektar. Tempat parkirnya juga sudah mampu menampung sekitar 500 mobil. Ditambah dengan adanya fasilitas swafoto dengan kera, semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke lokasi wisata ini.

Swafoto dengan kera ini bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel pribadi pengunjung. Surata yang tinggal menempatkan pisang di dekat dengan ponsel tersebut sehingga membuat tangan sang kera yang akan mengambil pisang seakan-akan sedang menekan tombol kamera untuk melakukan swafoto.

Surata menyebut ide ini ditemukannya tahun lalu, tepatnya saat akan memberikan makanan bagi para kera. Saat itu, seorang wisatawan memintanya untuk mengambil foto saat di tangannya masih memegang pisang. Tiba-tiba, seekor kera mengambil pisang tersebut saat Surata sedang menekan tombol. Hal ini membuat kera juga ikut tertangkap gambarnya terlihat layaknya sedang melakukan swafoto.

“Wisatawannya senang banget dengan hasilnya. Sejak saat itu saya tawarkan sesi foto selfie dengan kera ini kepada pengunjung,” terangnya.

Kendati begitu, jangan sembarangan mengambil swafoto sendiri dengan kera, ya Millens. Mereka bisa saja membawa kabur atau merusak ponselmu. Wah, bisa ditiru nih! Ha-ha. (IB09/E04)