Viral Kepala Desa di Probolinggo Terobos Banjir Demi Selamatkan Warga

Viral Kepala Desa di Probolinggo Terobos Banjir Demi Selamatkan Warga
Kades Gading Wetan, Probolinggo yang menyelamatkan korban banjir. (TIMESIndonesia)

Di media sosial, viral video yang menunjukkan kepala desa di Probolinggo nekat terjun ke dalam air sungai yang banjir demi menyelamatkan warganya yang terjebak. Seperti apa kisah selengkapnya?

Inibaru.id – Seorang kepala desa (kades) di Probolinggo, Jawa Timur rela menerjang arus sungai yang sangat deras karna banjir demi menyelamatkan warganya. Aksinya langsung viral di media sosial. Seperti apa sih kisah selengkapnya?

Inews, Kamis (16/1/20) menulis, pria yang menjadi buah bibir warganet adalah Supriyono Kades Gading Wetan, Kecamatan Gading. Supriyono nekat menyelamatkan warga yang terjebak di tengah-tengah Sungai Pandan Laras saat sedang mencari rumput hanya dengan memakai baju pelampung, ban dalam bekas, dan tali.

Dalam video tersebut, terlihat Supriyono langsung terjun ke dalam aliran sungai yang sangat deras. Berkat keberaniannya, warganya, Pak Sun (54) berhasil diselamatkan ke tempat yang lebih aman.

Sebenarnya, video berdurasi delapan menit ini diambil pada 2016 silam. Supriyono juga nggak tahu jika aksinya ternyata direkam warga. Dia menyebut aksi heroiknya ini dilakukan semata-mata sebagai kewajibannya sebagai kepala desa.

“Bagaimanapun caranya biar warga saya selamat,” ucap Supriyono.

Baca juga: Melihat Proses Nglinting Manual di Pabrik Rokok Indie; Praoe Lajar Semarang

Sebelum diselamatkan Supriyono, Pak Sun diketahui sudah terjebak di tengah-tengah Sungai Pandan Laras selama tiga jam. Keberadaannya diketahui warga, namun nggak ada warga yang berani menolong karena air sungai yang meluap arusnya sangat deras.

Nggak ingin Pak Sun terus terjebak dan berisiko terseret arus jika luapan sungai semakin parah, Supriyono pun memberanikan diri untuk menolongnya dengan peralatan seadanya. Satu jam setelah sang Kades terjun ke dalam sungai, Pak Sun akhirnya bisa dievakuasi dengan selamat.

Tindakan Supriyono dalam menyelamatkan warganya memang patut dicontoh, ya Millens. Namun tetap berhati-hati karena bencana bisa saja muncul sewaktu-waktu dan membahayakan nyawa! (IB09/E06)