Viral Keberadaan Sunda Empire, Ini Tanggapan Kesbangpol Kota Bandung

Viral Keberadaan Sunda Empire, Ini Tanggapan Kesbangpol Kota Bandung
Ilustrasi Sunda Empire. (Chandan KHANNA/ AFP)

Viralnya Sunda Empire membuat warganet penasaran. Lalu apa kata Kepala Kesbangpol Kota Bandung terkait hal ini?

Inibaru.id - Seusai munculnya Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah, kini media sosial kembali digegerkan dengan munculnya kerajaan Sunda Empire yang terletak di Kota Bandung Jawa Barat.

Melansir CNN Indonesia, Jumat (17/01/20), kemunculan Sunda Empire atau Earth Empire diketahui pertama kali dari kiriman akun Facebook Renny Khairani Miller yang diunggah pada tanggal 9 Juli 2019. Foto-foto dan video yang diunggah akun Renny pun viral pada Januari 2020.

Dalam foto yang diunggah, tampak sekumpulan orang yang berseragam hijau lengkap seperti TNI. Mereka juga mengenakan pangkat, brevet, dan topi. Sedangkan video yang viral tersebut terlihat seorang pria yang mengaku sebagai Grand Prime Minister sedang memberikan pengarahan kepada anggota Sunda Empire-Earth Empire.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara menyebutkan bahwa Sunda Empire tak terdaftar sebagai ormas maupun Organisasi Kepemudaan (OKP).

“Yang pasti SE-EE ini tidak terdaftar di Kesbangpol. Akan kita telusuri,” ujar Ferdi saat dihubungi Kompas, (17/1).

Namun, pihaknya akan segera menelusuri keberadaan kelompok tersebut. Terutama terkait informasi yang tersebar di media sosial. Ferdi juga mengatakan bahwa organisasi atau kelompok manapun tak boleh keluar dari aturan dan konteks ketatanegaraan yang berlaku. (IB24/E06)

Baca juga: Melihat Proses Nglinting Manual di Pabrik Rokok Indie; Praoe Lajar Semarang

Tags : #SundaEmpire