Viral Kabar Nasi Padang Bisa Sebarkan Virus Corona, Benarkah?

Viral Kabar Nasi Padang Bisa Sebarkan Virus Corona, Benarkah?
Ilustrasi - Rumah makan padang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Isu yang menyebut nasi padang bisa memicu penyebaran virus corona, baik itu yang dimakan ataupun dibungkus masih beredar di WhatsApp. Apakah kabar ini memang benar?

Inibaru.id – Sejalan dengan pandemi corona yang belum juga reda, pelbagai hoaks terkait virus ini pun turut menjangkiti masyarakat. Salah satu kabar burung itu adalah tentang nasi padang yang konon menjadi pemicu penyebaran Covid-19. Benarkah?

Sebagai salah satu menu yang paling digemari masyarakat di antero Indonesia, kabar ini tentu bikin banyak orang. Nah, kabar yang menyebar di aplikasi WhatsApp ini rupanya telah berlangsung lama, yakni sejak akhir Maret 2020, nggak lama setelah kasus corona pertama ditemukan di Tanah Air. 

Awalnya, pesan berantai ini menyebar di sejumlah pedagang di Pasar Senen, Jakarta.

Hati-hati kalau mau makan nasi padang. Coba bayangkan di setiap meja tamu-tamu makan tidak habis sisa lauknya lalu dikembalikan dan disajikan lagi ke tamu berikutnya. Hal ini bisa menyebabkan penyebaran virus,” tulis pesan berantai tersebut.

Nggak hanya itu, ada lanjutan pesan lain yang menyebut kertas pembungkus nasi padang juga telah terpapar air liur para tamu atau penjual yang bisa saja sudah terinfeksi virus corona.

Setelah makan, para tamu mengobrol, batuk, atau bersin. Percikan air liur ini bisa mencapai lauk dan kertas pembungkus nasi padang,” lanjut pesan ini.

Ilustrasi nasi padang. (Instagram/afterworking)
Ilustrasi nasi padang. (Instagram/afterworking)

Setelah diusut oleh aparat terkait, pesan ini rupanya dikirimkan seorang lelaki berusia 40 tahun yang nggak disebutkan namanya. Dia hanya menyebarkan pesan tanpa tahu kebenaran isinya.

Lelaki tersebut pun akhirnya diminta untuk meminta maaf, berjanji untuk nggak lagi menyebarkan pesan, sekaligus menandatangani surat dengan materai Rp 6.000.

Meski kabar bahwa nasi padang bisa menyebarkan Covid-19 ini nggak benar, bukan berarti kamu bisa santai membeli atau makan di tempat makanan padang. Kalau kamu makan di sana dan kondisinya ramai, virus tetap bisa menular ke kamu, kok.

Maka, ada baiknya kamu selalu memperhatikan kebersihan dari warung makanan padang sebelum membelinya. Pastikan warung ini menyediakan tempat mencuci tangan dengan sabun, cek apakah penjualnya selalu memakai masker atau tidak, dan pastikan sajian di sana tertutup dengan tirai.

Oya, kamu lebih baik membungkus makananmu ketimbang makan di tempat karena jauh lebih aman dan bisa menurunkan risiko tertular virus corona, Millens. Gimana menurutmu? (Det/IB09/E03)