Sampah Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun Ditemukan Utuh di Pantai Sendang Biru

Sampah Bungkus <em>Indomie</em> Berusia 19 Tahun Ditemukan Utuh di Pantai Sendang Biru
Sampah bungkus Indomie sejak 19 tahun lalu. (Twitter.com/selfeeani)

Unggahan akun Twitter @selfeeani yang menunjukkan sampah plastik bungkus Indomie berusia 19 tahun di Pantai Sendang Biru, Malang, viral di media sosial. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun me-retweet cuitan tersebut.

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial Twitter sedang viral foto unggahan milik akun @selfeeani pada Minggu (7/4/2019). Dalam unggahan itu tampak sampah plastik bungkus Indomie yang warnanya sudah memudar di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bungkus mi instan ini bahkan masih dalam kondisi yang utuh.

Pada bungkus mi instan itu tertulis “Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku.” Padahal, bulan Agustus nanti Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-74. Hal ini berarti, bungkus mi instan tersebut sudah ada sejak 19 tahun yang lalu.

Agustus nanti indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus indomie yang bertuliskan dirgahayu indonesia ke-55. Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun jadi bungkus ini terombang ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun,” tulis pemilik akun bernama Fia tersebut.

Dalam sehari saja, unggahan Fia langsung viral di media sosial dan di-retweet hingga 64,5 ribu kali. Bahkan, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti sampai ikut me-retweet cuitan ini.

Mahasiswa semester 8 Program Studi Ilmu Kelautan di Universitas Brawijaya, Malang ini mengaku menemukan sampah plastik tersebut saat mengambil sampel air dan sedimentasi di Pantai Sendang Biru bersama dengan rekan-rekannya. Saat itu, Fia dan teman-temannya menunggu air surut sekaligus membersihkan sampah.

“Masak saya penelitian nggak bersihin sampah juga?” ucap Fia.

Pengambilan sampel air dan sedimentasi ini dilakukan untuk penelitian skripsinya. Kendati menemukan banyak sampah, Fia menyebut sampah di Pantai Sendang Biru nggak separah di pantai-pantai lain yang pernah dia datangi.

Wah, sampah-sampah begini nih Millens yang bisa menganggu ekosistem ikan di laut. Yuk, selalu jaga kebersihan dan jangan sembarangan membuang sampah demi kelestarian alam. (IB09/E04)