Viral Daftar Film yang Akan Wakili Indonesia di Oscars 2020, Begini Faktanya
Oscars. (Layar)

Viral Daftar Film yang Akan Wakili Indonesia di Oscars 2020, Begini Faktanya

Film Ave Maryam, Kucumbu Tubuh Indahku, serta 27 Steps of May disebut-sebut sedang diseleksi untuk mewakili Indonesia di ajang Oscars 2020. Komite Oscars 2020 mengonfirmasi hal ini.

Inibaru.id – Senin (16/9/2019) kemarin beredar kabar mengenai tiga film yang akan mewakili Indonesia pada ajang Oscars 2020. Ketiga film itu adalah tersebut yakni Ave Maryam, Kucumbu Tubuh Indahku, serta 27 Steps of May. Kabar ini kali pertama disebarkan akun Twitter @BeritaSinema di Twitter. 

Akun tersebut juga mengatakan Komite Oscar 2020 di Indonesia sedang memilih satu film dari ketiga daftar itu untuk menjadi wakil Indonesia di Academy Award atau Oscars.

Komite tersebut terdiri atas Christine Hakim, Firman Bintang, Lola Amaria, Mathias Muchus, Sheila Timothy, Adisurya Abdy, Alim Sudio, Roy Lolang, Fauzan Zidni, Reza Rahadian, Benni Setiawan, serta Thoersi Argeswara.

Saat ditanya tentang cuitan ini, salah seorang anggota Komite Fauzan Zidni ternyata nggak membenarkan hal ini. Dia hanya menyebut komite masih melakukan tugasnya.

“Hingga saat ini komite masih bekerja jadi belum ada hasil yang bisa dibagikan. Kalau sudah ada hasil besok pasti akan kami umumkan kok,” terang Fauzan.

Sebagai informasi, Indonesia secara rutin mengirim wakil di ajang Academy Awards sejak 1987. Beberapa film berkualitas seperti Nagabonar, Gie, Daun di Atas Bantal, Tjoet Nja’ Dhien, Ca Bau Kan, Biola Tak Berdawai, Berbagi Suami, Alangkah Lucunya (Negeri Ini), Denias Senandung di Atas Awan, Sang Penari, serta Sang Kiai pernah dikirimkan untuk diseleksi. Semua film itu akan diseleksi pada kategori Best Foreign Language.

Tahun lalu, Marlina: Si Pembunuh Dalam Empat Babak menjadi wakil Indonesia di Oscars. Sayang, film yang dibintangi Marsha Timothy itu belum mampu menembus nominasi final kategori Best Foreign Language.

Kalau menurut Millens, apakah layak tiga film yang disebut itu jadi wakil Indonesia di Oscars? Atau justru Millens punya saran tentang film lain? (IB09/E04)