Viral Berkat Film 'Tilik', Siapa Bu Tejo Sebenarnya?

Viral Berkat Film 'Tilik', Siapa Bu Tejo Sebenarnya?
Bu Tejo viral di media sosial. (Racavana Films)

Nama Bu Tejo terus dipergunjingkan warganet sejak Rabu (17/8/2020). Siapa sih pemeran tokoh di film Tilik yang sukses membuat gemas para penonton ini, ya?

Inibaru.id – Sejak Senin (17/8/2020), di media sosial Twitter viral nama Bu Tejo. Bahkan, di Trending Topic Indonesia, nama Bu Tejo masih bertahan hingga hari ini, Rabu (19/8). Sebenarnya, siapa sih Bu Tejo yang menjadi bahan pergunjingan warganet Tanah Air ini?

Bu Tejo sebenarnya adalah nama tokoh di sebuah film pendek berjudul Tilik yang disutradarai Wahyu Agung Prasetyo. Film yang diproduksi oleh Ravacana Films yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY ini viral di media sosial setelah diunggah oleh pemiliknya di Youtube.

Film ini sebenarnya sudah dirilis pada 2018 lalu dan memenangi ajang Piala Maya 2018 di kategori Film Pendek Terpilih. Hanya, sepertinya baru kali ini warganet Indonesia menyadari adanya harta karun berharga ini di dunia perfilman Indonesia.

Situ Fauziah, pemeran Bu Tejo bersama dengan keluarganya. (Instagram/Ozie_zie)<br>
Situ Fauziah, pemeran Bu Tejo bersama dengan keluarganya. (Instagram/Ozie_zie)

Film ini dianggap mampu menggambarkan ibu-ibu dari pedesaan Indonesia secara nyata. Mereka menyewa truk untuk membesuk seseorang, tepatnya Bu Lurah di rumah sakit. Selama perjalanan, ibu-ibu ini bergosip dan menjalani petualangan.

Tokoh utama dari film ini adalah Bu Tejo. Dia adalah ibu-ibu yang pandai bergosip dan memiliki mulut yang sangat “pedas”. Akting Bu Tejo sukses membuat banyak orang geregetan sekaligus tertawa geli. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Bu Tejo- Bu Tejo asli yang memang sangat mudah ditemui di dunia nyata.

Bu Tejo ternyata diperankan oleh aktris bernama Siti Fauziah Saekhoni. Perempuan kelahiran Blitar, 19 Desember 1988 ini akrab dipanggil Ozi.

“Peran Bu Tejo ini sebenarnya akrab di sekitar kita. Kita pasti sering menjumpainya,” ucap Ozi mengomentari perannya.

Fauziah saat berperan di film Bumi Manusia (Falcon Pictures)<br>
Fauziah saat berperan di film Bumi Manusia (Falcon Pictures)

Ozi ternyata bukan aktris kaleng-kaleng Millens. Dia pernah mendapatkan beasiswa Actor Studio oleh Teater Garasi pada 2008 silam. Beberapa film juga pernah dibintanginya seperti Mencari Hilal (2015), Talak 3 (2016), Sultan Agung (2018), dan Unbaedah (2019). Dia juga menjadi salah satu tokoh di film Bumi Manusia (2019).

Ibu satu anak ini mengaku senang dengan apresiasi yang diberikan warganet kepadanya. Di akun Instagramnya @Ozie_zie, warganet membanjiri unggahannya dengan komentar yang menunjukkan betapa gemasnya mereka dengan tokoh Bu Tejo.

Kamu sendiri ikut gemes nggak nih dengan tokoh Bu Tejo di Film Tilik, Millens? (Idn/IB09/E05)