Kenal Lebih Dekat dengan "Video on Demand"

VoD menjadi salah satu hiburan yang kian diminati masyarakat, terutama anak muda. Pelbagai pilihan tontonan menarik bahkan hanya bisa ditemui di situ. Sejauh mana perkembangannya?

Kenal Lebih Dekat dengan "Video on Demand"
Video on demand. (Quora.com)

Inibaru.id – Dunia hiburan digital terus berevolusi. Nggak melulu mengandalkan televisi, sebagian orang kini bisa menikmati tontonan via Video on Demand (VoD). Dengan ini, kamu nggak perlu lagi terikat pada jam tayang televisi konvensional lantaran acara-acara itu bisa kamu tonton ulang lewat sejumlah aplikasi VoD.

VoD adalah layanan televisi interaktif yang dapat ditonton lewat internet. Kamu dapat memilih program yang akan ditonton tanpa batasan waktu tayang. Bahkan, lebih dari itu, kamu bisa mengunduh acara tv, serial, atau film kesukaanmu yang tayang di televisi.

Di Indonesia, ada layanan macam Hooq, Netflix, Viu, Iflix, Itunes, dan lainnya yang menyediakan konten VoD. Sejauh ini, Hooq masih menguasai pasar Tanah Air. Dailysocial.id (5/10/2017) menuliskan, dari 1.037 pengguna ponsel pintar yang disurvei, 48,30 persen dari mereka menggunakan Hooq.

Baca juga:
Masalah Baru Tiongkok: Sepeda Zombie
Menanti Trikuel Supermoon di Akhir Januari

Setiap layanan VoD biasanya memiliki konten video unggulan. Sebagai contoh, Viu menyediakan pelbagai tontonan drama korea (drakor) untuk menjaring para pencinta korea.

Eits, tapi VoD nggak semuanya gratis lo, Millens. Ada beberapa konten yang berbayar dan harus berlangganan. Kamu bisa membayar sesuai dengan video yang ditonton atau berlangganan untuk menikmati akses yang lebih luas.

Sejak 2016

Seperti dilansir dari Techinasia.com (29/12/2016), VoD diperkirakan masuk pasar Indonesia sekitar 2016 . Layanan VoD kemudian menjalin kerja sama dengan beragam provider agar dapat bertahan.

Hooq dan Viu bekerja sama dengan Telkomsel, sementara Iflix berkelindan dengan Indosat Ooredoo. Para provider kemudian mempromosikan masing-masing layanannya bersama paket data yang mereka sediakan.

Baca juga:
Youtuber Dikecam Setelah Unggah Video Orang Bunuh Diri
Juru Foto Gratiskan Foto Penduduk Pegunungan

Nah, kalau pengin menikmati VoD secara gratis, bukalah Youtube. Ada banyak program televisi yang tersedia di Youtube. Selain itu, ada pula Vidio.com, Tube.id, Mivo, dan Vimeo yang menyediakan VoD cuma-cuma.

Gimana, Millens, sudah lebih tahu tentang VoD kan? Tim Inibaru.id memprediksi, layanan ini bakal semakin marak dalam beberapa tahun ke depan. Dengan jaringan internet Indonesia yang kian baik, nggak menutup kemungkinan VoD bakal jadi pilihan ke depan. Sepakat? (IF/GIL)