Usai Cetak Gol, Legenda Sepak Bola Ricky Yacobi Meninggal Dunia

Usai Cetak Gol, Legenda Sepak Bola Ricky Yacobi Meninggal Dunia
Ricky Yacob saat berduel dengan bek legendaris AC Milan, Alessandro Nesta. (Twitter/Indosupporter - Panditfootball)

Legenda Sepak Bola Indonesia Ricky Yacobi meninggal dunia usai mencetak gol. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id – Legenda sepak bola Indonesia Ricky Yacob atau yang lebih dikenal dengan nama Ricky Yacobi dikabarkan meninggal hari ini, Sabtu (21/11/2020). Ricky meninggal di usia 52 tahun. Yang cukup tragis, Ricky meninggal saat melakukan aktivitas yang sangat lekat dengannya, yakni bermain sepak bola. Bahkan, dia dikabarkan meninggal usai mencetak gol.

Berdasarkan keterangan rekan Ricky, Lodry Hutabarat, Ricky baru saja mencetak gol dan akan merayakannya. Hanya, tiba-tiba saja tubuhnya ambruk.

Ricky Yacob saat ambruk di lapangan usai mencetak gol. (Twitter/Utantauk)
Ricky Yacob saat ambruk di lapangan usai mencetak gol. (Twitter/Utantauk)

“Habis cetak gol mau selebrasi, tapi malah jatuh kena serangan jantung,” ucap Lody lewat Whatsapp.

Rekan-rekannya di lapangan langsung bergegas melarikannya ke rumah sakit, tapi nyawanya sudah nggak tertolong.

Ricky dikenal sebagai salah satu striker terbaik dalam sejarah sepak bola Indonesia. Dia aktif pada tahun 1980-an. Melegenda bersama dengan klub besar yang kini sudah tinggal namanya, Arseto Solo, Ricky menjadi pemain pertama Indonesia yang bermain di kasta tertinggi Liga Jepang, J1. Saat itu, dia bermain di Matsushita FC. Klub ini kini telah berganti nama menjadi Gamba Osaka. Matsushita tertarik menggunakan jasanya usai Arseto diantar meraih gelar Galatama pada 1987.

Sayangnya, kariernya di Negeri Matahari Terbit nggak berjalan dengan mulus. Dia hanya bermain enam kali dan mencetak satu gol. Kesulitan beradaptasi dengan iklim yang lebih dingin menjadi penghambat kariernya di Jepang. Uniknya, panggilan media Jepang kepadanya, Ricky Yacobi, lebih dikenal dibandingkan dengan nama aslinya, Ricky Yacob.

Ricky Yacob saat beraksi dengan Timnas Indonesia. (Twitter/Indosupporter - Panditfootball)
Ricky Yacob saat beraksi dengan Timnas Indonesia. (Twitter/Indosupporter - Panditfootball)

Ricky aktif di Timnas selama enam tahun, tepatnya dari 1985 sampai 1991. Saat itu, namanya harum di kalangan penggemar sepak bola Tanah Air karena mempersembahkan medali emas SEA Games 1987. Namanya juga melegenda berkat gol tendangan voli ke gawang Uni Emirat Arab pada Asian Games 1986 di Korea Selatan.

Ricky pensiun bermain sepak bola pada 1995. Semenjak itu, dia fokus di kepelatihan dan membuka sekolah sepak bola Ricky Yakobi di Lapangan F, Senayan, Jakarta Pusat. Hanya, saat bermain bola di Senayan ini pulalah, sang legenda berpulang.

Selamat jalan Ricky Yacobi. (Med/IB09/E05)