Usaha yang Beri Cuan Maksimal? Bisnis Sayuran Organik

Usaha yang Beri Cuan Maksimal? Bisnis Sayuran Organik
Ilustrasi produk tanaman organik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ide bisnis sayuran atau tanaman organik bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi seperti sekarang. Selain mudah, bisnis ini bisa mendatangkan banyak cuan karena biaya produksinya yang murah.

Inibaru.id – Ada berbagai ide bisnis di masa pandemi yang memaksa sebagian besar orang untuk di rumah saja. Salah satunya adalah berkebun yang bisa dilakukan sambil bekerja dari rumah. Namun jenis tanaman apa sih yang cocok ditanam sehingga menghasilkan cuan maksimal?

Salah satu ide berkebun yang bisa kamu sontek adalah budidaya tanaman atau sayuran organik. Bahkan sebelum pandemi, tanaman organik telah memiliki pasarnya sendiri. Kini, peminat produk organik terus meningkat seiring kebutuhan masyarakat demi pola hidup yang sehat.

Nggak hanya terbatas pada sayuran. Kamu juga bisa mencoba beberapa tanaman lain seperti padi, buah, serta tanaman obat, Millens! Kalau kamu masih ragu dengan bisnis yang satu ini, beberapa alasan ini bisa jadi pertimbanganmu.

Jadi Kebutuhan Hidup Masa Kini

jadi kebutuhan baru masyarakat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
jadi kebutuhan baru masyarakat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Hasil pertanian organik kini kian meningkat seiring dengan kesadaran hidup sehat. Banyak permintaan pasar akan buah dan sayur organik. Bahkan sektor kecantikan dan pengobatan juga membutuhkan bahan-bahan organik. Nggak heran bisnis ini tengah dilirik pasar.

Mengurangi Dampak Pupuk Kimia

Akan mengurangi dampak pupuk kimia. (belajartani.com)
Akan mengurangi dampak pupuk kimia. (belajartani.com)

Penggunaan pupuk kimia, pestisida, dan hormon pada tanaman memang membuat panen melimpah. Namun hal tesebut dapat berdampak buruk pada kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk itu, tanaman organik menjadi solusi atas permasalahan tersebut dan mengganti pupuk kimia dengan pupuk organik.

Biaya Produksi Hemat

Biaya produksi bisa ditekan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Biaya produksi bisa ditekan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Bisnis ini juga nggak membutuhkan lahan yang luas kok. Kamu bisa menggunakan polybag atau wadah bekas. Kamu juga bisa menanam beberapa tanaman yang nggak disukai hama seperti bawang dan cabai atau mengikatkan serai pada tanaman untuk mengusir hama. Selain sehat, bisnis ini juga diincar banyak orang karena biaya produksinya yang hemat.

Kualitas Produk Terjaga

Produk organik punya rasa yang lebih nikmat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Produk organik punya rasa yang lebih nikmat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Produk organik mungkin punya penampilan yang nggak sebagus tanaman dengan pupuk kimia atau pestisida. Namun untuk urusan rasa, produk organik punya keunggulan yang nggak bisa tergantikan. Produk ini punya rasa yang lebih nikmat ketimbang tanaman dengan paparan bahan kimia berbahaya. Produknya biasanya akan lebih renyah, manis, atau tahan lama.

Nah, itulah beberapa keunggulan produk organik yang bisa kamu pertimbangkan. Kemudahan serta biaya produksinya yang murah bikin bisnis yang satu ini berpotensi menghasilkan untung yang maksimal! Kamu tertarik mencoba peluang bisnis yang satu ini, Millens? (Oke/IB27/E05)