Upss! Ternyata 5 Cara Membersihkan Tubuh Ini Salah, Lo!

Ternyata cara membersihkan tubuh yang terlihat sepele ini bisa berakibat fatal, lo! Apa saja ya?

Upss!  Ternyata 5 Cara Membersihkan Tubuh Ini Salah, Lo!
Merawat tubuh itu penting, tapi jangan salah kaprah ya! (produkwish.com)

Inibaru.id – Kebersihan memang sebagian dari iman. Bahkan, dari segi kesehatan, kebersihan juga menjadi salah satu indikator penting yang wajib dijaga. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata cara membersihkan tubuh yang biasanya kamu lakukan ini salah? Nah, biar nggak salah lagi, coba perhatikan baik-baik penjelasannya ya!

1. Mengorek telinga dengan kapas (Cotton Bud)

Meski terasa nikmat, mengorek telinga dengan cotton bud justru sama saja dengan mendorong kotoran masuk lebih dalam. Selain itu, dengan mendorong cotton bud lebih dalam, resikonya juga bisa merusak gendang telinga atau tulang-tulang kecil yang membantu pendengaranmu. Hmm.

2. Menggunakan deodorant untuk menghentikan keringat

Kebanyakan orang berpikir bahwa deodoran mampu menekan jumlah produksi air keringat di ketiak. Padahal, deodoran justru malah membuat ketiakmu lembab dan meninggalkan bekas warna kuning di baju. Bahkan nggak sedikit deodoran yang justru membuat bau badanmu kian menyengat. Nah, usut punya usut nih, ternyata yang bisa digunakan untuk menghentikan keringat itu bukan deodoran, tapi antiperspirant. Jadi, jangan salah kaprah ya, Millens!

Baca juga: Deodorant dan Antiperspirant, Mana yang Kamu Butuhkan?

3. Membersihkan area sensitif dengan sabun antiseptik

Sabun yang nggak sesuai dapat memicu ketidakseimbangan bakteri yang menjaga area sensitif tersebut. Jadi, cukup gunakan sabun biasa untuk menjaga kebersihan area tersebut sehari-hari. Sst, nggak pakai sabun juga nggak masalah, lo.

4. Mencukur bulu kaki sebelum pedicure

Tepat setelah mencukur, kondisi pori-pori masih terbuka dan di saat itulah, kuman dapat leluasa masuk ke dalam tubuh. Disarankan untuk kamu agar nggak memotong kutikula di saat yang sama karena jika dilakukan, celah kuman untuk masuk ke dalam tubuh akan lebih besar.

5. Ganti pisau cukur!

Pisau cukur yang tumpul justru bisa menimbulkan luka kecil, lo! Biasanya, efek dari hal tersebut bisa berupa ruam, iritasi, benjolan dan infeksi. Jadi, kalau pisaumu sudah dirasa tumpul atau telah digunakan lebih dari lima kali, lebih baik ganti pisau aja ya, Millens!

Kalau Millens kesalahan yang mana nih yang paling sering dilakukan? (IB23/E05)