Bekerja Terlalu Keras Juga Nggak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Lo!

Bekerja Terlalu Keras Juga Nggak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Lo!
Bekerja terlalu keras justru dapat mengganggu kesehatan mentalmu. (Unsplash)

Apa pun hal yang dilakukan dengan berlebihan pasti berdampak buruk. Termasuk juga bekerja terlalu keras hingga over time yang ternyata bisa merusak mentalmu. Nggak percaya? Kuy simak infonya!

Inibaru.id – Mungkin kamu seorang workaholic atau sedang punya target tertentu yang harus segera teralisasi sehingga kamu bekerja dengan sangat keras. Tapi, ternyata bekerja sampai lupa waktu juga nggak baik untuk mental.

Hasil analisis data dari Studi Longitudinal Rumah Tangga Inggris (UKHLS) dengan 23.000 lebih responden laki-laki dan perempuan menunjukkan bahwa wanita yang bekerja 55 jam atau lebih di setiap minggunya memiliki kesehatan mental yang buruk. Begitu juga dengan lelaki yang sudah beristri, rata-rata jam kerjanya lebih lama dari bujangan dan risiko gangguan mentalnya pun cenderung lebih tinggi.

Salah satu contoh gangguan terhadap kesehatan mental tersebut adalah depresi klinis. Ada beberapa faktor yang dapat memicunya, seperti riwayat depresi keluarga, perubahan dalam hidup yang besar, penyakit fisik, stres berkepanjangan, trauma akut dan lain-lain.

Gejala depresi antara lain adalah rasa sedih berkepanjangan, perasaan bersalah, putus asa, kehilangan minat dan hobi, kehilangan gairah hidup dan yang paling sering adalah gangguan tidur. Tuh, buat yang suka kerja sampai overtime, sebaiknya lekas "bertobat" ya alias istirahat. He he (IB23/E05)