Begini Algoritme Baru Instagram

Setelah lebih kurang dua tahun memakai algoritme umpan berdasarkan unggahan penting, Instagram kembali mengubah algoritmenya. Pada pembaruan kali ini, Instagram bakal memunculkan kembali unggahan terbaru pada menu "umpan".

Begini Algoritme Baru Instagram
Instagram. (Shutterstock/Arthur Stock)

Inibaru.id – Instagram baru saja mengumumkan kepastian pembaruan sistem algoritmenya. Kali ini unggahan terbaru di Instagram bakal dimunculkan lebih dulu pada umpan. Kamu nggak bakal lagi menemukan unggahan lama pada deretan teratas umpan di Instagram.

Sistem ini sebenarnya ini nggak sepenuhnya baru. Penggunaan kronologi waktu pada umpan Instagram pernah digunakan sebelumnya. Pembaruan ini ditujukan agar umpan Instagram terasa lebih segar karena berisi unggahan terbaru. Selain itu, pembaruan ini juga didasari protes para pengguna yang mengaku kehilangan momen real-time akibat sistem algoritme umpan yang diterapkan Instagram.

Sebelum ini, Instagram memakai algoritme yang memunculkan unggahan-unggahan yang dianggap penting terlebih dahulu pada umpan teratas pengguna. Alih-alih disukai, beberapa pengguna malah mengajukan komplain. Mereka mengatakan, unggahan foto atau video terbaru dari teman jadi terlambat muncul berjam-jam, bahkan berhari-hari kemudian. Hal itu membuat pengguna terkesan nggak up to date.

Kompas.com, Jumat (23/3/2018), menulis, Instagram pernah berjanji untuk memperbaiki algoritme seperti disampaikan pada 2016 lalu melalui akun Twitter resminya.

"Kami mendengarkan dan kami menjamin tidak akan ada yang berubah pada umpan. Kami berjanji akan mengumumkan bila terjadi perubahan," tulis pihak Instagram pada akunnya @instagram pada Senin (28/3/2016).

Saat ini, Instagram tengah menguji coba fitur new posts untuk menyegarkan umpan Instagram secara manual. Ini difungsikan supaya Instagram nggak akan memperbarui umpan secara otomatis. Dengan fitur ini, kamu nggak bakal kehilangan momen membaca unggahan penting akibat pembaruan otomatis yang dilakukan Instagram.

Wah, sepertinya Instagram bakal makin seru nih. Mana suara pengguna setia Instagram? (ANG/IF)