Upaya Meredam Homesick Ini Bisa Banget Kamu Coba

Upaya Meredam <em>Homesick</em> Ini Bisa Banget Kamu Coba
Homesick bisa melanda siapa saja. (collegepond.com)

Homesick terjadi pada orang-orang yang merantau atau jauh dari rumah. Jika dibiarkan bisa berakibat depresi. Kalau nggak pengin itu terjadi, yuk simak pencegahannya.

Inibaru.id - Homesick atau kangen rumah bisa melanda siapa saja. Mereka yang terkena homesick bakal merasa sedih, gelisah, sulit tidur, dan bahkan ada yang sampai jatuh sakit.

Nah agar nggak berdampak buruk, perlu cara untuk mengatasinya. Apa saja?

Menambah Rutinitas

Dengan memiliki rutinitas padat biasanya pikiran akan menaruh fokus lebih. Otomatis, dengan rutinitas tersebut kamu nggak ada waktu untuk memikirkan keluarga yang ada di rumah.

Mengikuti organisasi atau komunitas tertentu merupakan salah satu saran yang tepat bagi mahasiswa rantau untuk menambah rutinitas agar terhindar dari homesick.

Meluangkan Waktu Bersama Teman

Teman merupakan keluarga kedua saat kamu berada di tanah perantauan. Meluangkan lebih banyak waktu bersama teman untuk sekadar nongkrong bareng, jalan-jalan, dan mengerjakan sesuatu secara bersama juga menjadi salah satu upaya agar kita terhindar dari homesick.

Selain itu kamu juga bisa mempererat tali silaturahmi, bertukar pikiran dan bisa bikin hidupmu lebih bahagia.

Olahraga

Dengan giat berolahraga, selain akan memiliki tubuh yang sehat kamu juga akan senantiasa berpikiran positif. Maka dari aktivitas tersebut pikiranmu bisa teralihkan dari kerinduan pada keluarga dirumah.

Olahraga yang simpel saja, seperti jogging, renang, atau bermain futsal dan basket.

Komunikasi dengan Keluarga

Di era digital seperti ini jarak bukanlah suatu permasalahan. Media komunikasi daring sudah merambah ke mana-mana sampai pelosok negeri. Karena itu, berkomunikasi yang intens dengan keluarga jadi upaya agar kamu selalu merasa dekat dengan mereka.

Mudik

Pulang kampung merupakan momen pelampiasan setelah pada beberapa waktu kamu sudah merantau. Pada saat seperti ini, sebisa mungkin kamu harus benar-benar memanfaatkan waktu bersama keluarga sebelum tiba masa perantauanmu lagi.

Jadi jangan gampang homesick ya, Millens. Gunakan cara-cara tersebut biar kamu nggak homesick terus. Ingat tujuanmu merantau untuk apa. Semangat ya! (IB28/E05)